Alwi Shihab sebut ide Jokowi lebih maju dari SBY soal Palestina

Jumat, 27 Juni 2014 13:13 Reporter : Eko Prasetya
Alwi Shihab sebut ide Jokowi lebih maju dari SBY soal Palestina Alwi Shihab dukung Jokowi. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Mantan Menteri Luar Negeri dan Utusan Khusus yang menangani masalah Palestina di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Alwi Shihab menilai ide calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menangani masalah Palestina-Israel sudah lebih maju. Menurutnya, Jokowi sangat serius untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Mau membuat kedubes di sana itu kan lebih maju, tetapi bukan berarti SBY tidak. Adanya kedutaan di sana sangat membantu perdamaian. Saya tidak mengkritik SBY tetapi memuji Jokowi," ujar Alwi di Function Room - Apartemen Executive Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/6).

Alwi menambahkan, jika ada kedubes di sana, keberadaan Indonesia bisa diserap lebih dalam oleh pemerintah Palestina. Apalagi, Palestina telah menyambut baik ide Jokowi soal mau adanya kedubes di sana.

"Palestina juga telah menyambut baik Indonesia sebagai negara muslim terbesar berpartisipasi aktif untuk membuka kedutaan," kata pria yang juga merupakan mantan menteri agama itu.

Selain itu, lanjut Alwi, Jokowi juga membuat perundingan perdamaian di mana Indonesia selalu bisa berperan aktif. "Misalnya, menghubungi negara barat untuk tekan Israel, supaya perdamaian tercapai. Indonesia bisa juga ajak Palestina untuk satu-padu berunding dengan Israel," tuturnya.

Sebelumnya, dalam acara debat capres ketiga yang digelar di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6) malam, Jokowi menyatakan Jokowi-JK berkomitmen penuh mendukung kemerdekaan Palestina dan mendukung negara itu masuk dalam keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

"Saya dan Jusuf Kalla punya komitmen untuk mendukung penuh Palestina jadi negara merdeka, dan berdaulat dan mendukung penuh Palestina jadi anggota penuh PBB," ujar Jokowi. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini