Aktif Urus Sayap Parpol, Lurah di Tangsel Dilaporkan Bawaslu ke KASN

Selasa, 12 Mei 2020 03:03 Reporter : Kirom
Aktif Urus Sayap Parpol, Lurah di Tangsel Dilaporkan Bawaslu ke KASN gedung komisi aparatur sipil negara. ©2019 kasn.go.id

Merdeka.com - Terlibat aktif di kepengurusan organisasi masa sayap Partai Demokrat Bintang Muda Indonesia (BMI), Lurah Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Tomi Patria Edwardy dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Lurah Cipayung, Tomi Patria Edwardy yang juga kandidat bakal calon wali kota Tangerang Selatan, sebelumnya, menjalani pemeriksaan oleh Bawaslu Tangsel, terkait keterlibatannya di Ormas (BMI), yang disinyalir sayap Partai di bawah kepemimpinan AHY.

"Setelah melakukan kajian atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bakal Calon Wali kota Tomy Patria, yang juga Lurah Cipayung, Bawaslu memutuskan Tomy Patria melanggar Undang-undang Aparatur Sipil Megara (ASN)," tegas Ahmad Jajuli, anggota Bawaslu Tangsel di konfirmasi, Senin (11/5/2020).

Ormas BMI lanjut Jajuli, berdasarkan hasil kajian Bawaslu, merupakan sayap Partai Demokrat. Dengan begitu, maka Bawaslu Tangsel, meneruskan hasil kajiannya ke Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN) untuk ditindak lanjuti.

"Walaupun BMI organisasi masyarakat tapi berdasarkan hasil kajian, BMI adalah organisasi sayap partai. Maka Kesimpulannya, yang bersangkutan melanggar pasal 9 UU ASN, bawha pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Atas dasar itu, maka hasil temuan diteruskan ke KASN untuk ditindaklanjuti " tegas Jajuli.

Selanjutnya, Bawaslu Tangsel, menyerahkan sepenuhnya dugaan pelanggaran ASN Lurah Cipayung, Kecamatan Ciputat ini, kepada KASN untuk menentukan sanksi yang harus diterima oleh Tomy Patria selaku ASN Aktif.

"Selanjutnya kita serahkan ke KASN untuk masalah sanksinya," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, Ketua DPD BMI Banten, Noor Ramdhoni Iwan Saputra, menjelaskan, kemungkinan status BMI sebagai sayap Partai Demokrat.

Hal tersebut, diperkuat dengan hadirnya Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam deklarasi nasional BMI di Mamuju, beberapa waktu lalu.

"Untuk status BMI sendiri yang di sebut sebut sebagai sayap partai Demokrat. Bahwa BMI setelah deklarasi secara nasional di Mamuju, benar dihadiri langsung oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan demikian bahwa BMI sangat dekat dengan Demokrat. Jikalau memang nanti akan menjadi sayap partai tentu ada proses yang harus dilalui untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujarnya.

Iwan juga mengatakan, jika nantinya BMI akan menjadi sayap Partai Demokrat, maka pihaknya akan berkomunikasi dengan Tomy Patria.

"Kami juga paham hukum, terlebih lagi ini musim politik. Jadi apa saja bisa dipolitisir. Kalau nanti BMI bergabung dengan Demokrat akan kami ajak bicara lagi pak Tomy. Tinggal kita serahkan ke beliau keputusannya," jelas dia. [bal]

Baca juga:
Bawaslu Temukan 3.900 Karung Beras Bansos Covid-19 Bergambar Bupati Jember
Sesuai UU Pemda, Kepala Daerah Bisa Diberhentikan Jika Politisasi Bansos
Bawaslu Jateng Tegur Dua Petahana Diduga Kampanye Terselubung Saat Pandemi
KPU dan Bawaslu Nilai Cukup Dua Poin Penting di Perppu Penundaan Pilkada
Bawaslu Jakarta Selatan Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19
Naik Mobil Dinas ke Deklarasi Cawalkot Tangsel, Benyamin Davnie Dipanggil Bawaslu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini