Aksi walk out SBY membuat seolah kubu Jokowi tidak fair

Senin, 24 September 2018 11:27 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Aksi walk out SBY membuat seolah kubu Jokowi tidak fair SBY pidato di Peringatan HUT ke-17 Partai Demokrat. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PKB, Abdul Kadir Karding menanggapi sikap walk out Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dari deklarasi kampanye damai di Monas pada Minggu (23/9). Karding menjelaskan, teriakan-teriakan menyatakan dukungan kepada Jokowi tidak perlu dipermasalahkan. Sebab teriakan tersebut menurutnya adalah bentuk dukungan dan semangat.

"Sama sekali tidak menyangkut pribadi atau kelemahan-kelemahan dari Pak SBY. Itu yang saya pahami. Sehingga menurut saya tidak ada masalah," kata Karding ketika dihubungi di Jakarta, Senin (24/9).

Karding juga menjelaskan, saat acara tersebut memang ada kesepakatan dengan KPU bersama dengan paslon bahwa tidak boleh membawa atribut. Para relawan yang membawa atribut menurut dia berada di lokasi berbeda. Dan bentuk spontanitas para pendukung dari masing-masing paslon.

"Sehingga menurut saya tidak bijak juga kalau isu ini kemudian menimpakan kesalahan kepada seakan akan membangun persepsi publik kubu Jokowi tidak fair," ungkap Karding.

Diketahui, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih walk out saat menghadiri kampanye damai di Monas, Minggu (23/9). Gara-garanya, maraknya atribut kampanye dan teriakan relawan Projo, pendukung Jokowi saat SBY dan rombongan melintas menggunakan golf car.

Aksi Projo di acara kampanye damai itupun mengundang reaksi dari sejumlah kader Demokrat. Wasekjen Demokrat Andi Arief salah satunya. Dia menuntut agar Projo meminta maaf.

"Projo jangan seenak udel, aturan dibuat bukan untuk sakkarepe dewe. Nanti kader Demokrat seluruh Indonesia marah melihat kalian memperlakukan simbol Partai Demokrat. Jangan hitung keberanian anda, kalkulasi juga kenekatan orang lain," tulis Andi di Twitternya yang telah mempersilakan merdeka.com mengutipnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini