Aksi-aksi brutal di tengah kisruh Partai Golkar

Selasa, 31 Maret 2015 06:31 Reporter : Rizky Andwika, Didi Syafirdi
Aksi-aksi brutal di tengah kisruh Partai Golkar Massa AMPG rusuh di kantor Golkar. ©2014 Merdeka.com/Benny Silalahi

Merdeka.com - Perseteruan dua kubu di Partai Golkar belum akan berakhir. Situasi semakin panas pasca-Menkum HAM Yasonna Laoly mengesahkan kepengurusan kubu Agung Laksono.

Situasi semakin enggak karuan karena Agung dkk bersikeras mengambil alih pimpinan fraksi di DPR. Para loyalis Aburizal Bakrie yang mengisi pos-pos strategis juga digeser.

Buntutnya, dua kubu saling lapor ke polisi dengan berbagai tudingan. Itu belum termasuk gugatan-gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Negeri.

Melihat kondisi ini sepertinya belum akan berakhir, justru semakin memanas. Jika dua pihak tetap bersikeras bisa diprediksi saling serang, baku hantam dapat kembali terulang.

Berikut aksi-aksi brutal antara kubu Agung dan Ical di Golkar:

1 dari 3 halaman

Baku hantam di DPP Partai Golkar

Pengamanan Fraksi Golkar. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Massa Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) pimpinan Yorrys Raweyai membuat ricuh rapat pleno DPP Partai Golkar yang sedianya membahas susunan kepanitiaan Munas yang diselenggarakan 30 November mendatang. Namun, dengan alasan tuntutan tidak dipenuhi, massa merangsek masuk ke dalam ruang rapat dan membubarkan forum yang dipimpin Ketua Umum Aburizal Bakrie ( Ical) tersebut.

Awalnya massa hanya dorong-dorongan, hingga kemudian aksi saling pukul tidak terhindarkan. Kerusuhan meledak dan massa mengambil alat tumpul di sekitar lokasi, seperti kayu, untuk saling hantam. Aksi saling kejar juga terjadi di halaman kantor partai warisan Orde Baru tersebut.

Kericuhan kembali pecah di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, sehari kemudian. Massa yang beratribut Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) sore ini saling pukul satu sama lain.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Fadel Muhammad kubu Aburizal Bakrie mengatakan, pihaknya telah melaporkan Agung Laksono dan Pimpinan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Yorrys Raweyai kepada polisi.

"Sudah menempuh jalur hukum, sudah lapor polisi. Yang luka-luka sudah di BAP, Yorrys dan Agung ada terlibat di situ," kata Fadel kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/11).

2 dari 3 halaman

Anak buah Yorrys dituding serang Ali Mochtar

Bamsoet dan wartawan terjebak di ruang fraksi. ©2015 Merdeka.com/rizky

Terjadi insiden pemukulan saat Ketua Umum Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie ( Ical) mengumpulkan ratusan pengurus DPD I dan DPD II di Hotel Sahid, Jakarta pada Selasa 10 Maret lalu. Pendukung Ical, Ali Mochtar Ngabalin tiba-tiba dipukuli oleh penyusup yang belakangan diketahui adalah anak buah dari loyalis Agung Laksono, Yorrys Raweyai.

Akibat insiden ini, Ngabalin bahkan berencana melaporkan pemukulnya itu ke polisi. Dia merasa sangat yakin jika orang yang bertato itu merupakan anak buah Yorrys.

"Pasti orangnya Yorrys. Kalau dia 'gentle' seharusnya temui saya langsung, ayo berdialog. Bukan suruh orang main tikam, kita kan sudah tua, tidak elok main fisik," kata Ali di Jakarta, Selasa (10/3) lalu.

Ngabalin mengungkapkan, insiden pemukulan tersebut dimulai saat pemuda bertato di bagian lengan dan dada itu menyerang Ngabalin. Namun pukulan orang bertato itu ditangkis, Ngabalin balas memukul.

"Dia datang menghampiri saya, tiba-tiba nyerang saya, mau pukul saya, tapi untung saya tangkis. Setelah itu saya tumbuk mukanya sekali," jelasnya di Hotel Sahid.

3 dari 3 halaman

Kubu Agung dobrak ruang rapat fraksi Golkar

kubu Agung gelar konpers di ruang fraksi. ©2015 Merdeka.com/rizky

Setelah marah karena tak diizinkan masuk oleh loyalis Aburizal Bakrie (Ical) ke ruang fraksi, Yorrys Raweyai dan sejumlah kubu Agung Laksono mendobrak paksa pintu. Mendengar Yorrys cs sudah berhasil masuk, Ade Komaruddin dan Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang sedang berada di dalam lantas kabur ke ruangan lain.

Pantauan merdeka.com, Senin (30/3), usai mendobrak pintu yang dikunci, kubu Agung Laksono langsung menggeruduk ke ruang rapat pimpinan Golkar. Namun Ade dan Bambang sudah keburu lari ke ruang yang berada bersebelahan dengan ruang rapat pimpinan tadi.

Bambang sempat menghubungi Wakapolri Komjen Badrodin Haiti, dan tidak lama berselang Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono datang ke DPR untuk meredam situasi.

Kubu Agung Laksono yang diwakilkan oleh Sekretaris Fraksi Golkar, Fayakhun langsung menggelar jumpa pers di ruang itu. Memang ruang itu sebelumnya sudah dijadikan tempat jumpa pers oleh Ade Komaruddin dan Bambang Soesatyo.

"Ini adalah upaya kami untuk bertemu, kami berusaha kemarin ketok pintu baik-baik, tapi enggak dibukain," kata Fayakhun. [did]

Baca juga:
Yorrys dkk mengamuk, kubu Ical ngumpet sampai telepon Wakapolri
Fadli Zon larang kedua kubu Golkar saling kunci ruangan fraksi
Ini hasil mediasi loyalis Ical vs kubu Agung Laksono berebut fraksi
Dimediasi Fadli Zon, dua kubu Golkar tunggu rapat pimpinan DPR
Dua kubu Golkar berunding, Kapolda Metro tinggalkan gedung DPR
Yorrys cs dobrak fraksi Golkar, Kapolda sebut tak ada tindak pidana
Ical sebut kudeta fraksi kubu Agung preseden buruk bagi demokrasi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini