Airlangga: Partai Golkar Wajib Memastikan Indonesia Menjadi Negara Maju di 2045

Jumat, 12 Februari 2021 19:44 Reporter : Fikri Faqih
Airlangga: Partai Golkar Wajib Memastikan Indonesia Menjadi Negara Maju di 2045 Airlangga Hartarto Hadiri Rangkaian HUT Partai Golkar. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, tidak banyak partai besar yang memiliki keberanian untuk membuka diri. Golkar adalah salah satu partai besar di Indonesia yang berani melakukan itu.

Menurutnya, bila diibaratkan, Golkar adalah sebuah perusahaan publik yang terbuka. Partai terbuka dengan para politisi yang lincah, tangguh, dan cerdas.

Politisi Golkar, kata Airlangga, bukanlah orang-orang yang manja dan gampang merengek. Jika diilustrasikan, bisa dikatakan kader terbaik Golkar adalah tokoh-tokoh yang sanggup mengarungi badai dan gelombang setinggi apapun.

"Di situlah terletak kekuatan kita," katanya saat memberi sambutan di acara Studium Generale, Angkatan Pertama Golkar Institute di Jakarta, Jumat (12/2).

Dia menjelaskan, demokrasi Indonesia menjadi liat dan kenyal justru karena tipe pemimpin dan politisi seperti itu. Dan pandangan Partai Golkar tentang demokrasi Indonesia bersumber dari pengalaman kesejarahannya sendiri. Dari pengalaman ini Golkar bisa memetik pelajaran berharga dan menyimpulkan bahwa demokrasi Indonesia akan bertahan lama jika pemerintah kuat namun toleran, tegas tetapi adil dalam mengelola berbagai perbedaan yang ada.

"Selain mengawal demokrasi, tujuan strategis kita yang lain berada dalam kerangka besar pembangunan Indonesia. Dalam hal ini, Partai Golkar telah mengukir pencapaian yang membesarkan hati," ujarnya.

Sebagai bukti capaian Partai Golkar, lanjut Airlangga, selama tiga dekade lebih periode pembangunan dalam era Orde Baru, di mana kekuatan beringin menjadi salah satu pilarnya, tingkat kesejahteraan rakyat meningkat dengan cepat. Indonesia bergerak dari negara miskin di akhir tahun 1960-an menjadi negara berpenghasilan menengah di pertengahan dekade 1990-an.

"Pencapaian seperti ini, oleh banyak lembaga internasional, seperti Bank Dunia dan IMF, dianggap sebagai salah satu cerita sukses di Asia dan di kalangan negara berkembang lainnya," jelasnya.

Sekarang dan di masa depan, kata dia, pencapaian besar semacam itu harus mampu direbut kembali. Bahkan dengan lebih baik lagi. Karena tujuan besar bangsa ini adalah pada tahun 2045, Indonesia sudah menjadi negara maju sepenuhnya.

"Jadi dalam satu generasi lagi, saat republik kita genap berusia satu abad, kita berharap bahwa bangsa Indonesia sudah sama dan sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya di Amerika, Eropa dan Asia, baik dalam soal tingkat kesejahteraan, kualitas pendidikan, kedalaman industri, teknologi dan sebagainya," terangnya.

Airlangga mengungkapkan, semua anak negeri ingin agar bangsa Indonesia merayakan peringatan 100 tahun proklamasi kelak dengan dada tegap dan penuh rasa syukur. Pada saat itulah, bangsa Indonesia akan membuktikan bahwa semua kerja keras dan pengorbanan membuahkan hasil yang nyata.

"Itulah cita-cita besar kita. Segenap kader dan pimpinan Partai Golkar wajib memastikan bahwa cita-cita mulia ini memang mampu kita wujudkan menjadi kenyataan," tegasnya.

Karena itu, khususnya kepada kaum pemimpin muda seperti para kader yang menjadi peserta dalam gelombang pertama Golkar Institute, bangsa Indonesia akan banyak berharap. Airlangga menambahkan, Presiden Jokowi dan pemimpin yang ada sekarang sedang menyiapkan fondasi yang lebih kokoh untuk generasi selanjutnya.

"Dari satu generasi ke generasi lainnya, kemajuan Indonesia harus terus berjalan dengan semakin baik. Dan jika memang demikian adanya, itulah sesungguhnya dedikasi dan pengabdian kita yang tertinggi kepada Ibu Pertiwi," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Golkar Tarik Diri dari Pembahasan Revisi UU Pemilu
Golkar Tampung Aspirasi soal RUU Pemilu, Airlangga akan Sampaikan Sikap Resmi
Demokrat Dinilai Selamat dari Upaya 'Di-Golkar-Kan'
Airlangga: Golkar Siap Hadapi Pilkada Kapan Pun, Termasuk Jika Digelar 2024
Luncurkan Golkar Institute, Airlangga Ingin Lahirkan Banyak Kader Tangguh
Partai Golkar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini