Airlangga Bisa Jadi Jembatan dengan Kekuatan di Luar Golkar

Selasa, 3 Desember 2019 14:12 Reporter : Merdeka
Airlangga Bisa Jadi Jembatan dengan Kekuatan di Luar Golkar Airlangga Hartarto daftar Caketum Partai Golkar. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Hari ini hingga Jumat (6/12) Partai Golkar menggelar Munas untuk memilih ketua umum. Ada delapan calon ketum yang bakal memperebutkan posisi ketum partai berlambang beringin itu, termasuk petahana Airlangga Hartarto.

Pengamat politik Universitas Brawijaya Hasan Ubaid menyatakan pentingnya menjaga kehadiran kepemimpinan yang bersih, demokratis dan berkomitmen untuk partai sebesar Golkar.

Tanpa bermaksud mengecilkan keberadaan sosok-sosok calon ketua umum yang lain, Hasan menilai secara realistis belum ada yang dapat menandingi sosok Airlangga untuk kembali memimpin Partai Golkar lima tahun ke depan.

"Saya kira yang paling memenuhi indikator untuk menjadi Ketum Partai Golkar masih Airlangga Hartarto. Mampu membangun harmoni politik secara internal partai, merekatkan faksi-faksi politik, sekaligus menjadi jembatan dengan kekuatan politik lain di luar Golkar," katanya, Selasa (3/12).

Airlangga juga dapat menjadi tandem yang tepat bagi Presiden Jokowi yang kemudian memberi jalan untuk sebuah kebangkitan partai politik ini saat menghadapi pemilu 2019 kemarin.

1 dari 1 halaman

Dianggap Tepat Pimpin Kembali

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara Faisal Mahrawa menilai Airlangga Hartarto merupakan sosok yang paling tepat untuk kembali memimpin partai tersebut lima tahun ke depan.

"Dari banyak kandidat yang muncul, banyak yang memenuhi syarat, tetapi kriteria yang penting adalah sosok tersebut harus orang yang bisa dipercaya, terbukti dapat melakukan konsolidasi khususnya dengan pemerintah saat ini maupun dengan internal partai, memiliki loyalitas politik. Menurut saya hal itu ada di sosok Airlangga Hartarto," ujar Faisal.

Faisal menambahkan, Airlangga terbukti berhasil memimpin Golkar di masa-masa krisis serta melahirkan sebuah semangat dan citra politik baru di partai tersebut.

"Di bawah kepemimpinannya Airlangga cukup berprestasi dalam pemilu 2019 di mana Partai Golkar ikut memenangkan capres yang diusungnya dalam pilpres dan memperoleh kursi terbanyak kedua di DPR RI," katanya. [eko]

Baca juga:
Golkar Harus Jadi Partai Modern yang Mampu Akomodir Generasi Muda
Jubir: Munas Golkar Momen Konsolidasi Gagasan Bahas Isu Strategis Bangsa
Airlangga Sebut Senior Golkar Ingin Lihat Dirinya Safari Bertemu Kader
Loyalis Minta Lawan Airlangga Tak Sebar 'Narasi Horor' Terhadap Golkar
Pendaftaran Ditutup, 9 Bakal Caketum akan Bertarung di Munas Golkar
Airlangga Tepis Kabar Keterlibatan Istana Jelang Munas Golkar

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini