AHY: Kemenangan Khofifah di Pilgub Jatim untuk bahan Pilpres 2019

Minggu, 1 Juli 2018 18:03 Reporter : Moch. Andriansyah
AHY: Kemenangan Khofifah di Pilgub Jatim untuk bahan Pilpres 2019 AHY dan Khofifah. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut sukses Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jawa Timur 2018 menjadi bahan evaluasi menuju Pilpres 2019.

"Saya tentunya melihat, Jatim ini kisah sukses dalam Pilkada 2018. Sebenarnya kalau dikalkulasi jumlah konstituen partai politik pengusung Ibu Khofifah dan Mas Emil itu sekitar 42 persen," kata AHY usai bersilaturahmi di kediaman Khofifah, Jalan Jemursari, Surabaya, Minggu (1/7).

Sedangkan jumlah perolehan yang didata KPU (Komisi Pemilihan Umum) sampai hari ini, Khofifah-Emil memperoleh suara lebih dari 53 persen. "Artinya ada peningkatan jumlah konstituen."

AHY yakin ada suara Khofifah dan Emil yang berasal dari pendukung paslon lainnya. "Dapat mengkonversi jumlah konstituen partai politik pengusung, tetapi Ada pergeseran sekitar 11 persen dari pasangan nomor dua ke pasangan nomor urut satu. Nah 11 persen ini ada peningkatan," tegasnya.

Menurutnya, kemenangan Khofifah-Emil ini menjadi pelajaran berharga dalam kontestasi politik ke depan.

"Termasuk dalam Pemilu 2019. Bahwa pada akhirnya semua bergantung tokohnya, bisa saja kalau dikalkulasi secara kuantitatif, jumlah partai politik pengusung pasangan calon tertentu, jauh lebih besar secara konstituen, secara elektoral."

"Tetapi pada akhirnya, hasilnya bisa tidak serupa, bisa tidak match. Dan sekali lagi, kembali pada tokoh dan figur yang dijagokan atau diusung parpol-parpol tersebut. Dan kami bersyukur Bu Khofifah dan Mas Emil menang secara signifikan," tegasnya.

Meski dalam politik elektoral bergantung tokoh atau figur yang dijagokan, AHY tetap menegaskan bahwa mesin partai politik masih memiliki peran penting untuk meyakinkan masyarakat.

"Masyarakat tidak bisa dipaksa kalau memang menyukai calon tertentu yang berkapasitas dan berintegrasi," ucapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini