AHY: Demokrat Tak Tergesa-gesa Sikapi Koalisi Golkar-PAN-PPP

Senin, 16 Mei 2022 19:45 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
AHY: Demokrat Tak Tergesa-gesa Sikapi Koalisi Golkar-PAN-PPP AHY. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) angkat bicara terkait pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. Menurut AHY, Partai Demokrat tidak tergesa-gesa menyikapi koalisi parpol digagas Partai Golkar, PPP, dan PAN tersebut.

"Saya lebih baik tidak tergesa-gesa, karena daripada seolah-olah cepat, kemudian cepat terbentuk, (bisa) cepat juga bubarnya. Saya berharap lebih baik kami berproses dengan baik," kata AHY di Medan, Senin (16/5), dikutip Antara.

AHY menambahkan, Partai Demokrat berharap terciptanya koalisi partai-partai politik di Tanah Air terbangun karena ada titik temu visi dan misi.

"Jika memang ada titik temunya, baik visi, misi, dan juga pendekatan kami untuk rakyat yang serupa, paling tidak ya, barulah bisa kami katakan akan terjalin sebuah koalisi yang solid. Lebih baik seperti itu," ujar AHY.

AHY mengatakan, Partai Demokrat sangat menghargai pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu tersebut yang bekerja sama membangun budaya politik baru di Indonesia.

"Jadi, sekali lagi, tentu semua memiliki hak masing-masing, kami hormati itu dengan baik. Tapi, kami merasa masih cukup waktu untuk berkomunikasi dan membangun chemistry antara satu dengan yang lainnya," kata AHY.

Menurut dia, seluruh partai politik, termasuk Partai Demokrat, memiliki cukup waktu untuk membangun koalisi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hari pemungutan suara Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024, serta Pilkada pada 27 November 2024.

"Artinya, di waktu yang ada sekarang di medio 2022, masih cukup waktu sebetulnya bagi partai-partai politik untuk membangun kebersamaan, chemistry building itu juga butuh proses," tutup dia.

2 dari 2 halaman

Koalisi Indonesia Bersatu

Pertemuan Golkar, PAN dan PPP sebelumnya menyepakati akan berkoalisi untuk Pemilu 2024. Hal itu merupakan hasil pertemuan di Rumah Heritage, Jakarta, Kamis (12/5) malam.

"Kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan. Termasuk dalam pemilu nanti di 2024," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Koalisi ini dinamakan bertiga bersatu. Yaitu kesatuan dari partai berlambang beringin, matahari dan Ka'bah.

"Jadi InsyaAllah tadi namanya juga bertiga bersatu. Jadi bertiga bersatu, bersatunya itu adalah beringin, matahari, dan Ka'bah," kata dia.

Baca juga:
PPP: Koalisi dengan Golkar dan PAN Belum Bahas Capres-Cawapres
Demokrat-PKS Diprediksi Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, NasDem ke Kubu PDIP
Demokrat Respons Koalisi PPP-PAN-Golkar: Kami Masih Pelajari Mood Publik Dulu
PAN Bakal Buktikan Koalisi Indonesia Bersatu Tidak akan Layu Sebelum Berkembang
Golkar-PAN-PAN Berkoalisi, PKS Harap Pemilu 2024 Ada Banyak Capres
Melihat Peluang Ganjar-Erick Thohir Diusung Parpol di Pilpres 2024
Bertemu Airlangga, Ridwan Kamil Lapor Respons Positif Koalisi Indonesia Bersatu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini