Ahok-Djarot merosot, Agus-Sylvi naik ke posisi kedua di survei SSI

Minggu, 23 Oktober 2016 15:50 Reporter : Annisa Mauliddiah
Ahok-Djarot merosot, Agus-Sylvi naik ke posisi kedua di survei SSI Calon gubernur & wakil gubernur Jakarta, Pilgub DKI 2017. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Elektabilitas bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot) terus merosot. Hal ini terlihat dalam survei yang dilakukan Skala Survei Indonesia (SSI).

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim mengungkapkan, tingkat elektabilitas bakal pasangan calon itu mengalami penurunan hingga 13,3 persen dalam kurun waktu delapan bulan meski saat ini masih menduduki posisi pertama. Di mana pada periode Februari 2016, elektabilitas mereka masih 47,1 persen, namun di bulan Oktober 2016, persentase mereka di angka 33,8 persen.

"Tren suara pasangan Ahok-Djarot yang terus menurun," ujarnya dalam rilis survei SSI di Jakarta, Minggu (23/10).

Turunnya elektabilitas bakal calon petahana ini diikuti dengan kenaikan elektabilitas dari pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi). Mereka mampu menduduki peringkat kedua, melewati pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Agus-Sylvi memperoleh persentase 19,6 persen, diikuti dengan bakal pasangan calon Anies-Sandi yang mendapatkan 18,8 persen.

Untuk diketahui, survei tersebut dilaksanakan di 6 kabupaten/kota administrasi di Provinsi DKI Jakarta, yakni Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Peneliti menggunakan metode sampling kepada sebanyak 800 responden. Sementara margin of error dari penelitian ini sebesar 3,46 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [hrs]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini