Agus Hermanto tak setuju kursi pimpinan DPR ditambah lebih dari satu

Selasa, 16 Januari 2018 11:13 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Agus Hermanto tak setuju kursi pimpinan DPR ditambah lebih dari satu Agus Hermanto. ©2017 merdeka.com/rendi perdana

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai penambahan satu kursi pimpinan DPR untuk PDIP lebih memungkinkan ketimbang lebih dari satu dalam revisi UU MD3. Dia mendorong agar setiap fraksi kembali berkomunikasi jika keputusan soal penambahan jumlah kursi pimpinan DPR belum bulat.

"Menurut saya apabila yang di awal yang ditambah satu barangkali masih memungkinkan tapi kalau lebih dari satu yang harus kita bicarakan lebih detail karena tentu akan menjadi lebih sulit ya," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1).

Agus mengaku belum mendapat laporan soal surat audiensi dari Baleg kepada pemerintah membahas usulan-usulan fraksi soal penambahan kursi pimpinan DPR.

"Kami belum mendapatkan laporan tentang itu dalam hal ini baleg menyampaikan ke pimpinan secara resmi tentunya menyampaikan melalui rapat pimpinan, kemudian kita akan melakukan rapat koordinasi dengan presiden," terangnya.

Fraksi Partai NasDem menyarankan UU MD3 direvisi menyeluruh bukan terbatas. Agus menyerahkan keputusan atas usulan tersebut kepada Panja revisi UU MD3.

"Namun ini kan semuanya tergantung dari pembicaraan yang ada di Pansus," ujar Agus.

Sebelumnya, Bendahara Fraksi PDIP Alex Indra Lukman mengatakan pihaknya menagih kesepakatan dari fraksi-fraksi partai di DPR terkait penambahan kursi pimpinan dewan dalam revisi UU MD3. Terlebih, menurut Alex, sudah ada konsensus tertulis untuk memberikan kursi pimpinan kepada PDIP sebagai partai pemenang Pemilu.

"Sekarang kita menunggu niat baik untuk melaksanakan komitmen tersebut konsensusnya secara tertulis sudah ada di Baleg, tinggal pengesahan," kata Alex. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini