Ada Kericuhan Acara Mubes, MKGR dan Hotel Sultan Buat Laporan Polisi

Jumat, 20 September 2019 11:40 Reporter : Ronald
Ada Kericuhan Acara Mubes, MKGR dan Hotel Sultan Buat Laporan Polisi mubes MKGR versi Fahd Arafiq. ©2019 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Musywarah Besar (Mubes) Organisasi Masyarakat Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, diwarnai kericuhan, Kamis (19/9) kemarin. Terkait hal tersebut, pihak MKGR melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya. Bahkan pihak Hotel Sultan pun ikut membuat laporan ke Polda Metro Jaya.

"Peristiwa tindak pidana perusakan itu kita laporkan ke Polda Metro Jaya kemarin (Kamis)," kata Kuasa Hukum MKGR, Rudi Kabunang saat dikonfirmasi, Jumat (20/9).

Dia menjelaskan, saat acara berlangsung dan melakukan deklarasi dukungan kepada Bambang Soesatyo tiba-tiba didatangi sejumlah massa berpakaian preman dengan jumlah sekitar 150 massa. Di mana mereka melakukan perusakan sejumlah fasilitas Hotel Sultan.

"Saat acara datanglah sekelompok massa yang saya kategorikan sebagai preman. Sekitar 150 orang merengsek masuk tanpa izin d wilayah Hotel Sultan melakukan perusakan pintu, kaca, seluruh fasilitas hotel," katanya.

Tak hanya perusakan, lanjutnya, sejumlah massa tersebut juga melakukan kekerasan fisik.

"Sekitar 10 orang korban menjalani visum. Akibat kericuhan tersebut. Kerugian perkiraan Rp 10 miliar materiil dan immateriil," kata Rudi.

"Jadi, kami minta polisi untuk menindak premanisme yang melakukan kegiatan pengerusakan. Kami minta juga yang memberi kuasa surat itu diperiksa, siapa yang menyuruh, dan melakukan tindak pidana itu," pungkasnya.

Laporan MKGR teregistrasi dengan nomor LP/5973/IV/2019/PMJ/Dit.Reskrimum tanggal 19 September 2019 dengan pelapor atas nama Yoksan Patty. Terlapor yang masih dalam lidik disangkakan Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 351 KUHP tentang tindak pidana pengeroyokan dan penganiayaan.

Sementara laporan Hotel Sultan yang dibuat oleh sekuriti bernama Nurcahyono teregistrasi dengan nomor LP/5978/IX/2019/PMJ/Dit.Reskrimum. Nurcahyono melaporkan atas perbuatan pengerusakan sejumlah fasilitas hotel. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini