8 Daerah di Jabar tunggu hasil revisi UU untuk pilkada serentak

Kamis, 5 Februari 2015 11:26 Reporter : Andrian Salam Wiyono
8 Daerah di Jabar tunggu hasil revisi UU untuk pilkada serentak Ahmad Heryawan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Provinsi Jawa Barat berada pada posisi siap menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang bakal digelar 2015 ini. Ada delapan daerah di Jabar jika Pilkada serentak bisa benar diselenggarakan tahun ini.

Daerah itu yakni Kabupaten Bandung, Karawang, Pangandaran, Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, dan Indramayu, dan Kota Depok.

"Jawa Barat dalam posisi menyambut baik dan kemudian kita dengan KPU tentu bersama-sama siap melaksanakan Pilkada serentak tersebut", kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kamis (5/2).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat sendiri masih menunggu hasil revisi atas Undang-Udang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah yang tengah dilakukan DPR. Hasil revisi ini nantinya akan disesuaikan dengan aturan yang telah dibuat oleh KPU.

Nantinya jika disahkan KPU pusat akan memberikan kewenangan yang lebih kepada KPU Provinsi dan kabupaten/kota selaku penyelenggara.

Pria yang akrab disapa Aher itu berharap, Pilkada serentak tersebut harus berkualitas, serta berjalan secara efektif dan efisien. Aher juga menambahkan, melalui Pilkada serentak ini, aspirasi dan hak masyarakat dalam berdemokrasi tetap terpenuhi, serta keriuhan politik berlangsung dalam waktu bersamaan.

"Tentu dalam konteks ini karena hasil kajian kita menyambut baik Pilkada langsung tapi efektif-efisien, dari sisi ketepatan sasaran tepat dan penyelenggaraan bisa efektif karena dari sisi waktu hanya sekali," terangnya.

Rencananya jika Pilkada serentak dilakukan 2015 ini, atau paling lambat 2016 ada 204 daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerahnya. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini