KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

5 Janji Jusuf Kalla di pengembangan SDM dan Iptek

Senin, 30 Juni 2014 06:36 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Jusuf Kalla berkunjung ke merdeka.com. ?2013 Merdeka.com/imam buhori
2. Berikan gaji besar bagi para ahli asal Indonesia

Merdeka.com - Salah satu yang disoroti dalam debat cawapres malam ini yakni tentang banyaknya para profesional dan ahli yang lebih memilih bekerja di luar negeri ketimbang berbakti bagi negaranya. Cawapres Jusuf Kalla ( JK) punya cara sendiri menangani hal itu, salah satunya dengan memberikan gaji yang besar bagi mereka yang punya keahlian lebih.

JK mengatakan, untuk pemerataan pendidikan yang berkualitas, pihaknya akan melakukan pertukaran guru di seluruh Indonesia. Hal ini guna meningkatkan mutu para peserta didik dan pendidik itu sendiri.

"Langkah pertukaran guru perlu diadakan sehingga guru di daerah-daerah yang lebih akan membantu yang kurang," kata JK di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6).

Terkait dengan tenaga ahli yang kabur ke luar negeri, JK menilai, tidak bisa menghalangi bagi warga yang ingin bekerja di luar negeri. Namun pihaknya berjanji akan memberikan gaji besar sesuai keahliannya sehingga para ahli tersebut lebih memilih bekerja untuk Indonesia ketimbang mencari rezeki di luar negeri.

"Ada positif dan negatif, positifnya mereka menghasilkan devisa. Negatifnya kita kekurangan eksekutif yang handal. Kita harus memberikan remunerasi sesuai dengan skala profesi, bukan hanya skala nasional. Dia dihargai sesuai profesi," tutur JK.

Dia mencontohkan, bagi para ahli perminyakan yang banyak bekerja di Qatar, pihaknya akan memberikan upah sesuai yang mereka terima di Qatar. Tidak memberikan gaji hanya sesuai dengan skala nasional.

"Sehingga dia berbakti untuk kepentingan nasional, tapi kita tidak juga bisa menghalangi mereka setidaknya dia mau mencari pengalaman," pungkasnya.

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.