5 Cawapres potensial Prabowo, siapa yang akan dipilih?

Selasa, 1 Mei 2018 07:36 Reporter : Desi Aditia Ningrum
5 Cawapres potensial Prabowo, siapa yang akan dipilih? Prabowo Subianto. ©instagram/Prabowo Subianto

Merdeka.com - Prabowo Subianto bakal kembali maju dalam bursa pemilihan presiden 2019. Sinyal kuat Prabowo akan maju sebagai capres setelah bersedia menerima mandat dari Partai Gerindra.

Dengan resminya menjadi capres 2019, maka muncul beberapa nama pendamping Prabowo dalam Pilpres 2019. Lalu siapakah calon pendamping potensial Prabowo? Berikut rangkumannya:

1 dari 5 halaman

Gatot Nurmantyo

Jenderal Gatot Nurmantyo. ©2016 Merdeka.com/dede rosyadi

Jenderal Gatot Nurmantyo digadang-gadang calon yang kuat mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2019. Ini terlihat dari survei Survei Litbang Kompas di mana Gatot menempati urutan pertama atau paling tinggi cawapres yang pantas mendampingi Prabowo.

Namun hingga saat ini, Gerindra masih mencari sosok tepat untuk mantan militer tersebut.

2 dari 5 halaman

Anies Baswedan

Anies Baswedan. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Berdasarkan survei, Anies Baswedan mendapatkan poling cukup tinggi sebagai pasangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Tapi hingga saat ini, pihak Gerindra masih mempertimbangkan Anies sebagai pendamping Prabowo.

Hal itu lantaran harus berdiskusi dulu dengan partai koalisi yaitu PKS. Seperti diketahui, Anies pernah menjadi Menteri Pendidikan dan saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta.

3 dari 5 halaman

Sri Sultan HB X

Sri Sultan HB X. ©2012 Merdeka.com

DPD Partai Gerindra DIY menganggap sosok Sri Sultan HB X cocok menjadi cawapres Prabowo di Pilpres 2019. Ketua tim pemenangan Pilpres Gerindra Sandiaga Uno pun akan mempertimbangkan nama Sri Sultan HB X.

Sri Sultan HB X, kata Uno, sosok yang berpengaruh pada saat Pilkada 2017. Di mana dia memberikan masukan soal pemikiran ekonomi kerakyatan. "Kalau beliau senior sekali, hebat banget dan pemikirannya kemarin waktu Pilkada DKI beliau berikan masukan tentang pemikiran ekonomi kerakyatan, itu juga cocok," katanya di Jakarta, Sabtu (28/4).

4 dari 5 halaman

Ahmad Heryawan (Aher)

Ahmad Heryawan. ©2012 Merdeka.com

Partai Gerindra dan PKS telah mendorong Prabowo Subianto sebagai calon Presiden 2019. Saat ini Gerindra masih mempertimbangkan cawapres untuk Prabowo.

Sedangkan dari PKS telah mengajukan beberapa nama sebagai pendamping Prabowo nanti, salah satunya Ahmad Heryawan (Aher). Aher dinilai tepat mendampingi Prabowo karena telah terbukti memimpin Jawa Barat selama dua periode.

5 dari 5 halaman

Anis Matta

anis matta. ©2014 Merdeka.com

Selain Aher, PKS juga mengajukan nama Anies Matta sebagai pendamping Prabowo Subianto dalam bursa pemilihan presiden 2019. Namun saat ini PKS dan Gerindra masih terus diskusi tentang calon yang dianggap paling layak mendampingi Prabowo Subianto. [has]

Baca juga:
Sandiaga Uno: Sekber Gerindra-PKS tak bahas Cawapres
PSI sebut sulit Jokowi dan Prabowo bersatu di Pilpres 2019
Soal cawapres dan koalisi, Prabowo belum mau terbuka
Prabowo ingatkan kader muda partai bersiap lanjutkan kepemimpinan
Sandiaga: Insya Allah Prabowo presiden Indonesia 2019
Gerindra dan PKS resmikan posko, pastikan Prabowo tak jadi Cawapres Jokowi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini