5 Anak-Anak Muda Indonesia Ini Disebut-Sebut Cocok Jadi Menteri Jokowi

Kamis, 27 Juni 2019 06:45 Reporter : Syifa Hanifah
5 Anak-Anak Muda Indonesia Ini Disebut-Sebut Cocok Jadi Menteri Jokowi AHY temui Jokowi di istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Jokowi memiliki kriteria khusus calon-calon menteri untuk Kabinet Kerja jilid II. Salah satunya anak-anak muda yang cerdas dan orang-orang yang mampu mengeksekusi program kerja pemerintah.

Beberapa anak muda mulai digadang-gadang layak menjadi calon menteri Jokowi. Bahkan salah satunya langsung disebut Jokowi pantas sebagai menteri. Berikut nama-nama itu:

1 dari 4 halaman

Bahlil Lahadalia

Presiden Jokowi secara terbuka menyebut Ketua Umum Hipmi, Bahlil Lahadalia, sosok yang cocok menjadi menteri Kabinet Kerja. Di matanya sosok Bahlil Lahadalia adalah pemuda yang cerdas.

"Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri. Saya lihat dari samping, dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya. Pintar membawa suasana dan juga ya sangat cerdas, cerdas, cerdas," ujar Jokowi.

2 dari 4 halaman

AHY

Kemudian ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) santer disebut bakal masuk dalam kabinet Jokowi- Ma'ruf Amin. Ini lantaran AHY kerap mondar mandir bertemu Jokowi di Istana Negara.

Jokowi membuka peluang bagi anak muda berprestasi masuk dalam kabinetnya, termasuk AHY. "Yang muda-muda, ini juga akan kita berikan ruang di kementerian. Nanti lihatlah yang muda-muda," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Saat ditanya apakah nama AHY termasuk? "Kenapa tidak?" jawab Jokowi.

3 dari 4 halaman

Grace Natalie dan Tsamara Amany

Nama Ketum PSI Grace Natalie dan Ketua DPP Tsamara Amany juga dinilai cocok menjadi calon menteri Jokowi. Juru bicara PSI, Dara Nasution mengatakan keduanya cocok karena sesuai kriteria Jokowi mencari anak muda yang berprestasi. Namun semua keputusan ada di tangan Presiden Jokowi. Namun PSI tidak mau menuntut jatah menteri, karena PSI tahu diri tidak lolos ambang batas parlemen.

"Sama-sama masih muda dan punya kapasitas memimpin (leadership) yang mumpuni. Kita enggak ingin merongrong Pak Jokowi, minta-minta jabatan. Biarlah Pak Jokowi yang memutuskan siapa anak muda yang paling dianggap kompeten untuk ada di kabinet," ujar juru bicara PSI Dara Nasution.

4 dari 4 halaman

Angela Tanoesoedibjo

Ada juga nama Angela Herliani Tanoesoedibjo, putri sulung Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo yang diusung Partai Perindo menjadi calon menteri Jokowi. Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, mengatakan pihaknya mengusulkan Angela karena sesuai dengan kriteria Jokowi yang mencari menteri dari kalangan anak muda dan pintar.

"Dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Perindo juga menyiapkan diri kalau diminta mengusulkan calon figurnya, yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo," kata Ahmad Rofiq. [has]

Baca juga:
Profil Angela Herliani, Anak Pertama Hary Tanoe yang Disebut Calon Menteri Jokowi
PKB Incar Posisi Mendikbud
Golkar Sebut Koalisi Jokowi Belum Bahas Soal Kabinet
Ma'ruf Amin Sebut NU Belum Ajukan Nama Kader untuk jadi Menteri ke Jokowi
PAN: Jokowi Tidak Menawarkan, Kita Juga Tak Minta Jatah Menteri
Rahasia Jokowi Mencari Menteri
Sekjen PPP: NU Sudah Dapat Kehormatan Jadi Wakil Presiden

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini