4 Nama Tokoh Ini Disebut-sebut Jadi Calon Menteri Jokowi

Selasa, 18 Juni 2019 05:22 Reporter : Desi Aditia Ningrum
4 Nama Tokoh Ini Disebut-sebut Jadi Calon Menteri Jokowi Jokowi di Istana Bogor. ©Setpres RI/Rusman

Merdeka.com - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mulai membeberkan kriteria calon menteri Kabinet Kerja jilid II. Salah satu kriteria calon menteri yang bakal dipilih yaitu memiliki kemampuan manajerial yang baik.

Sejumlah nama telah digadang-gadang bakal jadi calon menteri. Mereka para anak muda berprestasi di bidangnya. Bahkan salah satunya langsung disebut Jokowi pantas sebagai menteri. Berikut nama-nama itu:

1 dari 4 halaman

Bahlil Lahadalia

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bahlil Lahadalia sempat ramai jadi perbincangan. Hal itu lantaran Bahlil sempat disebut cocok jadi menteri Kabinet Kerja Jilid II. Bahlil langsung disebut oleh Presiden Jokowi.

"Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi disambut tepuk tangan, para undangan di Ballroom Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

2 dari 4 halaman

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) santer disebut bakal masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Ini lantaran AHY kerap mondar mandir bertemu Jokowi di Istana Negara. Kogasma Partai Demokrat ini dianggap layak menjadi calon menteri karena memiliki banyak prestasi.

Jokowi sendiri membuka peluang bagi anak muda berprestasi masuk dalam kabinetnya, termasuk AHY. "Yang muda-muda, ini juga akan kita berikan ruang di kementerian. Nanti lihatlah yang muda-muda," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Saat ditanya apakah nama AHY termasuk? "Kenapa tidak?" jawab Jokowi.

3 dari 4 halaman

Adian Napitupulu

Saat menghadiri acara halalbihalal aktivis 98, capres petahana Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba membuat riuh seisi ruangan. Jokowi menyebut jika aktivis 98 belum ada yang duduk menjadi menteri.

Sontak saja para aktivis menyerukan nama Adian Napitupulu yang dianggap layak menjadi menteri Jokowi pada Kabinet Kerja Jilid II. Meski nama Adian ramai disebut, namun Jokowi enggan menyebut nama siapa yang akan cocok menjadi Menteri dari aktivis 98.

"Saya tidak ingin menyebut nama dulu, tapi tadi ada yang nyebut Adian Adian, saya tidak ingin menyebut nama, inisial pun saya enggak mau (sebutkan)" ucap Jokowi.

4 dari 4 halaman

Sandiaga Uno

Nama Sandiaga Uno juga santer dibicarakan bakal masuk ke dalam kabinet menteri Jokowi jilid II. Meski menjadi rival dalam Pilpres 2019, namun belakangan nama Sandi santer disebut bakal mengisi kursi menteri Jokowi.

Jokowi yang ditanya peluang Sandiaga masuk dalam kabinetnya memberikan jawaban mengejutkan. "Ya kenapa tidak?" ujar Jokowi yang kemudian tertawa saat ditanya peluang Sandi masuk dalam kabinet. [has]

Baca juga:
Cak Imin: Kita Tak Berharap Pos Menteri Manapun, Semua Bergantung Presiden
Golkar Bahas Kursi Menteri Usai Putusan Sengketa Pilpres di MK
Ini Latar Belakang Calon Menteri Jokowi di Kabinet Kerja Jilid Dua Menurut TKN
Jokowi Beberkan 3 Fokus Kabinet Kerja Jilid II
Candaan Menteri Susi Ingin Jadi Wartawan Online Jika Tak Lagi Terpilih Jadi Menteri
Jawaban Para Manteri Jokowi Saat Ditanya Apa akan Masuk Kabinet Lagi?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini