4 Nama Kader Kebanggaan PDIP, Siapa Paling Berpeluang Maju Capres 2024?

Selasa, 9 Agustus 2022 12:43 Reporter : Ahda Bayhaqi
4 Nama Kader Kebanggaan PDIP, Siapa Paling Berpeluang Maju Capres 2024? Kampanye Ganjar. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan empat nama kader partai berlogo banteng moncong putih. Hasto membeberkan nama mereka saat menyinggung soal calon presiden.

Empat nama itu adalah Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Dari empat nama itu, siapa yang paling berpeluang untuk maju sebagai Calon Presiden?

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKopi Kunto Adi Wibowo melihat Puan sebagai calon paling kuat. Alasannya, Puan punya faktor garis keturunan dengan Soekarno. Jabatannya juga strategis.

"Dari empat nama itu kalau dihitung-hitung yang berpeluang mbak Puan karena putri mahkota. Sekarang jabatannya Ketua DPR RI dan trah Soekarno itu menurut saya," ujar Kunto kepada wartawan, Selasa (9/8).

Hanya saja yang menjadi catatan bagi Puan adalah elektabilitas yang masih rendah. Dalam waktu kurang lebih 15 bulan, Ketua DPP PDIP ini harus bisa meningkatkan elektabilitasnya.

"Mbak Puan harus bisa mendorong elektabilitasnya dalam waktu kurang lebih beberapa bulan lagi sampai Oktober 2023 setahun tiga bulan 15 bulanan sampai pendaftaran calon dan menurut saya ini menjadi PR mbak puan dan PDIP," ujar Kunto.

2 dari 3 halaman

Peluang Ganjar

Nama kedua yang kuat setelah Puan adalah Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu berpeluang dicalonkan karena faktor elektabilitasnya yang tinggi.

"Kedua tentu saja pak Ganjar karena elektabilitasnya tinggi," ujar Kunto.

Sementara Risma dan Azwar Anas tetap berpeluang tetapi tidak sebesar Puan atau Ganjar.

Risma dinilai punya kharisma. Jabatannya sekarang sebagai menteri sosial juga menguntungkan karena langsung bertemu masyarakat.

"Sebagai mensos itu turun kelapangan tapi kan juga elektabilitas beliau ga terlalu besar dan pernah ada skandal jadi agak susah dibawa ke RI 1," papar Kunto.

3 dari 3 halaman

Sementara itu, pengamat politik Ujang Komarudin punya pendapat yang sama. Puan merupakan kader PDIP paling berpeluang besar ditunjuk Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hanya saja peluang Ganjar tidak sepenuhnya tertutup. Ujang menduga ada skenario bila PDIP mencalonkan pasangan capres-cawapres sendiri, maka Ganjar dipilih sebagai cawapres dari Puan.

"Kalau nanti Ganjar didukung PDIP mungkin dia sebagai cawapres Puan itu hal yang biasa. Itu psikologi partai," ujarnya.

Sementara Risma dan Azwar Anas dimunculkan sebagai baris kedua. Supaya PDIP melihat respons publik. Tetapi tetap paling berpotensi diusung adalah Puan.

"Kalau Risma, Azwar Anas second line saja nama-nama pendamping saja doal pencapresan di PDIP. Agar publik bisa merespon menilai nama-nama itu padahal kita tahu namanya di antara satu nama itu yaitu Puan," ucapnya.

Baca juga:
Hasto Banggakan 4 Kader Potensi Capres, Trimedya PDIP: Mereka Menonjol-Tangguh
Calon Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo Mengerucut, Siapa Kader PDIP yang Layak?
Jokowi Tak Bisa Nonton Konser Dream Theater di Solo
Relawan: Dukungan Jokowi Untuk Capres Tak Jauh dari Prabowo, Ganjar atau Anies
Profil 4 Tokoh Kebanggaan Sekjen PDIP, Layak Maju Capres 2024?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini