4 DPD I Golkar Kalimantan Dukung Airlangga Tanpa Pakai Sumpah di Bawah Alquran

Selasa, 3 September 2019 14:07 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
4 DPD I Golkar Kalimantan Dukung Airlangga Tanpa Pakai Sumpah di Bawah Alquran Airlangga Hartato. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Sekretaris DPD I Partai Golkar Kalimantan Timur, Abdul Kadir mengaku baru mengetahui DPD I Jabar diambil sumpah di bawah Alquran untuk mendukung Airlangga Hartarto kembali menjadi ketua umum. Dia menyebut tidak ada perintah dari DPP Partai Golkar mengharuskan DPD disumpah mendukung Airlangga.

"Enggak ada DPP memerintah atau mempressure daerah. Saya kira itu inisiatif daerah," kata Kadir saat dihubungi merdeka.com, Selasa (3/9).

Kadir menuturkan, DPD I Kaltim bersama Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara telah menyatakan mendukung Airlangga. Dukungan diberikan pada 3 Juli 2019 lalu.

Namun, menurutnya, pengurus di 4 provinsi itu tidak memakai cara sumpah di atas kitab suci untuk mengukuhkan pilihan politik.

"Dukungan yang kami berikan pada tanggal 3 Juli 2019 yang lalu sudah disaksikan oleh Allah SWT, Tuhan YME," tegasnya.

Dia menambahkan, setiap daerah memiliki cara sendiri untuk mengekspresikan dukungan kepada kandidat ketum jelang Munas. Salah satunya dengan mengambil sumpah di bawah Alquran.

"Setiap daerah kan punya cara dan model masing-masing untuk mengungkap, merefleksikan dukungan," tandas Kadir.

Beredar video berdurasi 1 menit 25 detik berisi pengambilan sumpah setia DPD I dan II Golkar Jawa Barat terhadap Airlangga Hartarto.

Para anggota DPD tersebut disumpah untuk mencalonkan, mendukung dan memilih Airlangga untuk menjadi Ketum Golkar periode 2019-2024. Bahkan jika berkhianat, maka mereka rela mendapat laknat sebagai konsekuensinya.

Usai pengucapan sumpah, Dedi Mulyadi menggiring para ketua DPD Golkar ke meja untuk menandatangani pernyataan dukungan kepada Airlangga. Penandatanganan tersebut di atas meterai.

Bismillah. Demi Allah, Saya bersumpah

Saya akan mencalonkan Mendukung dan memilih Bapak Insinyur Airlangga Hartanto Mda, Mdd Sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar 2019-2024

Saya bersedia mendapat konsekuensi apabila saya mengingkari, dan mengkhianati sumpah ini. Saya bersedia menerima laknat atas pengkhianatan saya.

Purwakarta, 31 Agustus 2019
Kami, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini