23 Maret, PDIP Umumkan Hasil Fit and Proper Test Pilkada Solo

Kamis, 13 Februari 2020 12:49 Reporter : Ahda Bayhaqi
23 Maret, PDIP Umumkan Hasil Fit and Proper Test Pilkada Solo Gibran dan Purnomo fit and proper test di DPP PDIP. ©Dok. PDIP

Merdeka.com - Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengatakan, hasil uji kelayakan dan kepatutan bakal calon wali kota Solo sudah rampung. Namun, DPP belum memutuskan secara resmi siapa yang bakal diusung, apakah Gibran Rakabuming Raka atau pasangan Purnomo-Teguh.

"Sampai hari ini belum, kita belum rapat lagi. Materi wawancara fit and proper test kemarin sudah disusun, tetapi belum dilakukan rapat," ujar Bambang saat dihubungi, Kamis (13/2).

Bambang mengatakan, keputusan baru dapat diambil dalam rapat pleno yang dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia mengatakan, biasanya PDIP menggelar pleno pada Senin atau Rabu setiap pekan.

Anggota DPR Komisi VII itu mengatakan, sebetulnya hasil uji kelayakan dan kepatutan dapat dibawa pada pleno Rabu (12/2) kemarin.

1 dari 1 halaman

Namun urung karena Megawati dan Sekjen Hasto Kristiyanto tidak hadir untuk mengikuti acara di Istana. Namun, kemungkinan akan dibawa pada pleno pekan depan.

"Tapi karena ibu ketua umum ada tugas lain ke istana, yaitu kemudian itu ditunda kemungkinan senin atau rabu," kata Bambang.

Dia membantah PDIP akan mengumumkan pada 23 Februari seperti pernyataan bakal calon wali kota Achmad Purnomo. Bambang mengatakan, yang betul adalah 23 Maret paling lambat pengumuman rekomendasi untuk seluruh wilayah.

"23 Maret. Itu adalah selambat-lambatnya pengumuman dari seluruh wilayah," kata Bambang.

Sebelumnya, DPP PDIP menggelar uji kelayakan dan kepatutan bakal calon wali kota Solo. Uji kelayakan dan kepatutan itu dilakukan terhadap Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. [rnd]

Baca juga:
Ulang Tahun ke-60, Ini Harapan Wali Kota Solo untuk Pilkada 2020
Purnomo Sebut PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah pada 23 Februari
Sadar Minim Pengalaman Politik, Gibran Ingin Pasangan Matang di Pilkada Solo
Golkar Tetap Dukung Gibran di Pilkada Solo Meski Tak Dipilih PDIP
Gibran: Saya Daftar sebagai Wali Kota, Bukan Wakil Wali Kota
Gibran akan Temui Elite Gerindra Usai Dapat Rekomendasi Cawalkot Solo dari PDIP

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini