14 pesohor melenggang ke Senayan

Rabu, 14 Mei 2014 19:43 Reporter : Efendi Ari Wibowo
14 pesohor melenggang ke Senayan Caleg artis. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Hasil Pemilihan Umum Legislatif 2014 sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum. Berdasarkan data dari KPU pada Rabu (14/5), di antara para politikus itu, terselip beberapa nama pesohor yang wajahnya kerap menghiasi layar kaca.

Mereka bakal menghiasi gedung parlemen di Senayan, Jakarta. Bermodalkan kepopuleran dan kemampuan finansial, mereka cukup digdaya menggeser politisi kawakan dan tenar.

Para pesohor yang bakal menjadi wakil rakyat selama lima tahun ke depan tidak semuanya muka lama (petahana). Ada juga wajah baru yang mencoba peruntungan di dunia politik. Tetapi, tidak semuanya masih malang melintang di dunia hiburan. Ada juga yang sejak lama banting setir menekuni dunia politik dan menjadi kader partai.

Contohnya adalah dua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka dan Junico BP Siahaan atau kerap disapa Nico Siahaan. Rieke meraup suara sebanyak 255.044, sedangkan Nico memperoleh 64.980 suara. Nama Rieke mencuat saat berlakon sebagai Oneng pada tayangan komedi situasi 'Bajaj Bajuri.' Sementara Nico mengawali kariernya sebagai pembawa acara.

Dari Partai Demokrat, dua legislatornya yang berlatar belakang artis, yakni Dede Yusuf Macan Effendi atau kerap disapa Dede Yusuf, dan Venna Melinda juga lolos ke Senayan. Dede yang merupakan bintang film tenar pada era 1980-an dan 1990-an berhasil memperoleh suara 142.939. Sementara Venna yang malang melintang di dunia model meraih 49. 383 suara.

Partai Amanat Nasional menjadi satu-satunya partai dengan caleg berlatar pesohor yang lolos menjadi anggota DPR. Mereka antara lain pelawak Eko Hendro Purnomo atau kerap disapa Eko Patrio (69.301 suara), foto model dan pemain sinetron Lucky Hakim (57.891 suara), aktor sekaligus penyanyi Desy Ratnasari (56.397 suara), musikus Anang Hermansyah (53.559 suara), dan terakhir foto model dan pemain sinetron Primus Yustisio (45.485 suara).

Dari Partai Gerindra, ada dua kader mereka berlatar artis kembali mencicipi kursi Dewan Perwakilan Rakyat. Mereka adalah Rachel Maryam Sayidina (58.758 suara), dan Jamal Mirdad (39.760 suara).

Sementara dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Kebangkitan Bangsa masing-masing hanya sanggup meloloskan kadernya yang tenar sebagai artis menjadi wakil rakyat. Tantowi Yahya yang mewakili Partai Golkar meraup 45.507 suara. Dari PPP, mantan model Okky Asokawati lolos menjadi wakil rakyat dengan meraup suara 35.727. Terakhir adalah pembawa acara dan pemain sinetron Krisna Mukti yang mewakili PKB dengan meraup 31.987 suara.

Namun, banyak pihak meragukan sepak terjang mereka dalam mengarungi kejamnya rimba politik Indonesia. Banyak kalangan berharap supaya mereka tidak hanya menjadi pemanis di gedung dewan. Rakyat mengharapkan gebrakan dan janji mereka menjadi kenyataan. [gib]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini