13 DPD Gerindra Menanti Kesediaan Prabowo Sebagai Capres

Minggu, 24 Oktober 2021 10:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
13 DPD Gerindra Menanti Kesediaan Prabowo Sebagai Capres Dasco Sebut 12 Provinsi Dukung Prabowo Maju Capres 2024. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Dukungan internal supaya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden 2024 semakin deras. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sudah ada 13 dari 33 DPD yang memberikan dukungan.

"Sampai hari ini sudah 13 DPD, kemarin Jawa Timur dan Jawa Barat, dan Jawa Tengah," ujar Dasco di Solo, Jawa Tengah, dikutip dari keterangannya, Minggu (24/10).

DPD Gerindra Jawa Tengah merupakan pengurus daerah yang paling baru memberi dukungan agar Prabowo bersedia menjadi calon presiden di 2024.

Dasco menuturkan, setelah menyerap aspirasi di daerah, ia akan menyampaikan kepada Prabowo. "Hasil dari deklarasi daerah ini akan kita sampaikan kepada ketua umum," katanya.

Wakil Ketua DPR RI ini bilang, kader Gerindra masih percaya kepada Prabowo untuk kembali maju di kontestasi Pilpres 2024. Sebabnya, hasil survei elektabilitas Prabowo sebagai capres selalu paling tinggi.

"Elektabilitas Pak Prabowo cukup bagus dan selalu Paling tinggi, biasanya sih begitu. Sehingga ini yang membuat keyakinan dari pada teman-teman atau kader Gerindra Jawa Tengah untuk meminta kesediaan Pak Prabowo untuk maju lagi sebagai presiden dari partai Gerindra," ujar Dasco.

Gerindra belum menimbang siapa yang akan mendampingi Prabowo. Perlu mendengar dahulu kesediaan Prabowo sebagai capres.

"Kalau soal pendamping saya rasa kita perlu dulu mendengar kesediaan Pak Prabowo untuk dicapreskan baru kemudian bicara soal pendamping atau partai koalisi, demikian," kata Dasco.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra se Jawa Tengah mendeklarasikan Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 di ‘Dwangsa Hotel, Kartasura, Solo, Sabtu (23/10). Ikut hadir jajaran pimpinan dan pengurus DPD Partai Gerindra Jateng.

Deklarasi dipimpin Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wahid dan disaksikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Deklarasi dilakukan disela Rakor DPD Partai Gerindra Jateng untuk Pemenangan Pemilu 2024 yang berlangsung sejak Jumat (22/10) kemarin.

DPD Gerindra Jawa Barat juga meminta Prabowo Subianto untuk kembali maju sebagai calon presiden pada Pilpres tahun 2024 mendatang.

Hal itu terungkap saat kegiatan rapat koordinasi daerah (Rakorda) Gerindra Jabar di Intercontinental Hotel, Dago, Bandung, Jumat (22/10).

Ketua DPD Gerindra Jabar Taufik Hidayat memimpin deklarasi membacakan poin dukungan kepada Prabowo Subianto, diikuti oleh ratusan kader yang hadir. Dalam acara tersebut tampak Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco mengatakan, dukungan dari Jawa Barat (Jabar) dinilai bisa berpengaruh besar karena termasuk kategori lumbung suara. Dasco mengaku sudah menerima langsung aspirasi dari kader Gerindra Jabar. Ia berjanji akan menyampaikannya langsung kepada Prabowo.

"(Aspirasi berisi) Pak Prabowo Subianto untuk mengikuti kontestasi menjadi capres dari partai Gerindra pada tahun 2024 akan diteruskan kepada ketum atau pembina kami Pak Prabowo Subianto," ucap dia.

Dasco meminta pengurus partai di Jawa Barat terus melakukan konsolidasi agar bisa merebut kemenangan tahun 2024. Selain itu, ia menyebut bahwa sampai saat ini Gerindra belum menyatakan mengusung calon presiden.

"Tapi dengan desakan berbagai daerah, dan pada hari ini di Jabar sebagai lumbung suara Pak Prabowo, tentunya akan mempengaruhi sedikit banyaknya di Partai Gerindra soal siapa yang dicapreskan, dan apakah Pak Prabowo akan menerima atau tidak permintaan dari daerah," sebut dia. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini