120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Kursi Pimpinan Sementara Diisi Gerindra & PKS

Senin, 2 September 2019 12:55 Reporter : Aksara Bebey
120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Kursi Pimpinan Sementara Diisi Gerindra & PKS 120 Anggota DPRD Jabar Dilantik. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - 120 Anggota DPRD Jabar terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Ketua DPD Jabar Gerindra, Taufik Hidayat, ditunjuk menjadi ketua DPRD Jabar untuk sementara.

Proses pelantikan diawali dengan rapat paripurna mengagendakan pengucapan sumpah janji anggota DPRD Jabar masa jabatan 2019-2024. Acara tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Jabar masa bakti 2014-2019, Ineu Purwadewi Sundari.

Dalam sambutannya, ia meminta kerjasama antara pihak eksekutif dan legislatif bisa berjalan dengan baik dalam rangka membangun Jawa Barat yang lebih baik.

Acara dilanjutkan dengan prosesi pengucapan sumpah janji yang dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jabar, Arif Supratman. Usai itu, diketahui, Ketua DPRD untuk sementara diisi oleh Taufik Hidayat dari partai Gerindra. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Jabar akan diisi Tetep Abdullatif dari PKS.

Keduanya secara simbolis menerima palu rapat paripurna dari pimpinan DPRD periode sebelumya. "Sejak palu rapat paripurna diserahkan kepada kami, tugas baru ini akan dilaksanakan sebaik-baiknya," kata Taufik dalam acara, Senin (2/9/2019).

Kepala Bagian Humas dan Protokol DPRD Jabar Yedi Sunardi mengatakan, keputusan itu berlaku hingga alat kelengkapan dewan terbentuk.

Perwakilan Gerindra dan PKS ditunjuk karena kedua partai merupakan pemenang suara terbanyak dalam Pemilu.

Gerindra mendapatkan 25 kursi sementara PKS 21 kursi. Raihan kursi mereka disusul oleh PKB 12 kursi, PDIP 20 kursi, Golkar 16 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 3 kursi, PAN 7 kursi, Demokrat 11 kursi, dan Perindo satu kursi. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini