1.110 Narapidana Mencoblos Pemilu 2019 di 7 TPS Rutan Cipinang

Rabu, 17 April 2019 11:55 Reporter : Merdeka
1.110 Narapidana Mencoblos Pemilu 2019 di 7 TPS Rutan Cipinang Narapidana mencoblos di Rutan Cipinang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, mulai sibuk sejak pagi. Bukan karena aktivitas olahraga atau adanya kisruh tahanan, namun lantaran antusiasme warga binaan yang siap menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (17/4) sekitar pukul 09.00 WIB, petugas mulai memanggil tiap nama warga binaan yang mengantre untuk mencoblos di Tempat Pemilihan Umum (TPU) yang disediakan. Meski tidak menampilkan tema khusus di TPS, hal itu tidak menyurutkan niat warga binaan ikut Pemilu 2019.

Ada tujuh TPS yang disediakan penyelenggara Pemilu bekerjasama dengan Rutan Cipinang. Masing-masing TPS maksimal menampung sebanyak 300 pemilih.

"Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap 1.110 pemilih yang sebagian besar Daftar Pemilih Tambahan," kata Karutan Cipinang Oga Darmawan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/4).

Total penghuni Rutan Cipinang ada 4.387 orang. Namun hanya 1.110 orang saja yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Soal itu, Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami mengatakan, pihaknya sudah berupaya keras untuk mengupayakan hak suara para warga binaan.

"Ada yang nomor NI KTP-nya sudah lupa sedangkan menghubungi keluarganya tidak mudah. Jadi hal seperti ini yang terus kami lakukan, sampai tadi malam berjuang untuk bisa memberikan layanan sebaik-baiknya kepada seluruh saudara-saudara kami yang ada di dalam," kata Sri Puguh.

Salah satu pemilih di TPS 168, Yandri datang lebih awal untuk mencoblos. Penghuni rutan tersebut menyampaikan bahwa dirinya bersama rekan lainnya sangat antusias dengan Pemilu 2019.

Dia mengaku sudah menetapkan pilihannya kepada salah satu paslon presiden. Hanya saja untuk caleg, dia tidak cukup familiar dengan tokohnya.

"Semoga nanti saat terpilih bisa membesarkan rutan ini. Ini over kapasitas," ujar Yandri.

Warga binaan lain yang enggan disebut namanya juga menyatakan hal yang sama. Untuk caleg, dia menyebut asal pilih saja.

"Ya nanti tinggal gimana dibalik bilik suara," katanya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2019
  2. Pilpres 2019
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini