Yasonna harap Enny Nurbaningsih jadi pengawal konstitusi di MK

Senin, 13 Agustus 2018 13:07 Reporter : Supriatin
Yasonna harap Enny Nurbaningsih jadi pengawal konstitusi di MK Enny Nurbaningsih. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly menyampaikan ucapan selamat kepada Enny Nurbaningsih yang telah dilantik sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Presiden Joko Widodo. Dia berharap, Enny terus berprestasi dan berkontribusi untuk bangsa.

"Jadilah pengawal konstitusi dan pengawal ideologi," katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/8).

Enny sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkum HAM. Selama bertugas di BPHN, Yasonna menilai Enny bekerja sangat baik serta memiliki pengetahuan konstitusi yang tinggi.

"Yang saya lihat dia sudah sangat cakap untuk menjadi hakim konstitusi. Pengetahuan konstitusinya, pengetahuan hukumnya juga komitmen ideologinya jelas," tuturnya.

Mantan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan ini berpesan, Enny tetap menjaga integritas selama mengemban amanah di Mahkamah Konstitusi (MK). Serta menjauhi segala tindakan kejahatan yang merugikan diri sendiri dan negara.

"Sekali lagi menjadi hakim yang menjaga konstitusi kita termasuk ideologi negara Pancasila," kata Yasonna.

Setelah dilantik jadi Hakim MK, jabatan yang ditinggalkan Enny di Kemenkum HAM akan segera diisi. Namun siapa figur yang layak menggantikan Enny akan ditentukan di internal lembaga tersebut.

"Nanti dalam proses," ucapnya.

Presiden Jokowi melantik Enny sebagai Hakim MK di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/8) pagi. Enny menggantikan Maria Farida yang telah habis masa jabatannya sebagai Hakim Konstitusi.

Pengangkatan Enny Nurbaningsih sebagai Hakim Konstitusi berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 134/P/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim MK. Surat itu dibacakan oleh Deputi Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Cecep Sutiawan.

Enny mengucap sumpah jabatan sebagai Hakim MK disaksikan oleh Presiden Jokowi. Kemudian, Enny menandatangani berkas berita acara pengangkatan. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini