Yang disuka warga Jakarta dari aksi massa Prabowo

Jumat, 22 Agustus 2014 09:30 Reporter : Lia Harahap
Yang disuka warga Jakarta dari aksi massa Prabowo bentrokan di mk. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang dilayangkan pasangan Prabowo - Hatta. Hasilnya, seluruh materi gugatan ditolak.

Buat pendukung Prabowo - Hatta keputusan itu tentu mengesalkan. Tapi buat sebagian warga Jakarta, persidangan membuat hati mereka gembira. Loh kok bisa?

Sebelum persidangan ini digelar, beredar isu ada gerakan massa Prabowo yang akan turun ke jalanan dan berdemo. Di hari persidangan, seribuan pendukung Prabowo yang berkumpul di depan Gedung Indosat sempat membuat kericuhan saat akan merangsek menembus barikade polisi.

Meski suasana sempat menegangkan, sebagian warga Jakarta cukup senang dengan isu yang beredar. Sebab kantor memilih memulangkan mereka sebagai antisipasi kerusuhan 98 terulang.

Berikut mereka yang merasa senang saat pendukung Prabowo memilih berdemo meski harus berpanas-panasan:

1 dari 4 halaman

PNS pulang cepat

bentrokan di mk. ?2014 merdeka.com/arie basuki

Sebelum pukul 15.00 WIB, satu per satu PNS DKI mulai meninggalkan ruang kerja mereka. Padahal tidak ada instruksi dari atasan boleh meninggalkan kantor.

Rupanya mereka takut persidangan di MK kemarin berakhir ricuh. Menghindari segala yang tak diinginkan, mereka pulang lebih awal.

"Takutnya seperti kejadian 98 lalu bikin kami jalan kaki hingga pasar minggu karena tidak ada angkutan umum. Kami enggak mau seperti itu. Makanya kita pilih pulang lebih cepat," kata Reza, salah satu PNS.

Reza menambahkan mereka pulang cepat murni inisiatif sendiri. Padahal Jokowi dan Ahok pun masih berada di kantor.

"Enggak ada instruksi ataupun imbauan dari gubernur. Ini seperti para pegawai kantor di sepanjang jalan Jenderal Sudirman. Mereka pulang lebih cepat dari jam 12.00 WIB tadi," kata Reza.

2 dari 4 halaman

Jalanan lengang

bentrokan di mk. ?2014 merdeka.com/arie basuki

Selama persidangan kemarin, jalanan di Jakarta relatif lancar dari biasanya. Khususnya di seputaran Jl MH Thamrin sampai Sudirman.

Diperkirakan, kondisi ini terjadi karena banyak pekerja yang tak membawa kendaraannya ke kantor. "Kami takut ada demo gede-gedean," terang Tyas, yang bekerja di kawasan Gajah Mada.

Kondisi jalanan lengang terasa sampai malam hari. Dari kawasan Jl Medan Merdeka Selatan menuju Tebet hanya menghabiskan waktu 20 menit.

"Lancar sekali. Sudirman, bablas," kata Anto.

3 dari 4 halaman

Pegawai kantoran pulang jam 12

bentrokan di mk. ?2014 merdeka.com/arie basuki

Tak cuma PNS DKI yang senang. Pegawai kantoran di sekitar Jl MH Thamrin sampai Sudirman juga girang bisa pulang pukul 12.00 WIB.

Mereka diminta pulang untuk mengantisipasi kabar akan adanya gerakan massa yang turun ke jalan saat MK membacakan sidang putusan gugatan pilpres. "Tadi Direktur HRD, kasih tahu, pegawai akan dipulangkan lebih cepat," kata Rahadiansyah, pria yang ngantor di kawasan Jl MT Haryono, saat dihubungi merdeka.com, Kamis (21/8).

Dia menambahkan, oleh pihak HRD, jadwal pulang cepat dimajukan dua jam dari rencana semula. "Awalnya pulang jam 14.00 WIB, eh terus dimajuin jadi jam 12.00 WIB," ujarnya.

Pegawai di kawasan Kuningan, Jakarta juga mengalami hal serupa. "Hore, disuruh pulang cepat. Thank you HRD," tulis Iwan dalam akun Path.

"Hari ini kantor pulang cepat takut rusuh" tulis akun @ikhawija di Twitter

4 dari 4 halaman

Mal tutup

bentrokan di mk. ?2014 merdeka.com/arie basuki

Bukan cuma pegawai kantoran, manajemen Mal Mangga Square memerintahkan semua toko tutup. Mereka takut akan terjadi kerusuhan besar pascaputusan MK.

Salah seorang pegawai toko di Mangga Dua Square yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dirinya dipulangkan oleh bosnya untuk mengantisipasi para pendemo mengamuk dan melampiaskan kemarahannya.

"Sejak pukul 15.00 WIB tadi saya ditelepon bos, suruh tutup toko dan saya lihat ternyata semua toko di sini juga pada tutup. Iya sudah saya pulang saja, mal di sini (Mangga Dua Square) juga langsung tutup," ujar sumber kepada merdeka.com di lokasi, Jakarta Utara, Kamis (21/8).

Selain itu, dia mengaku senang diperintahkan oleh bosnya untuk menutup toko. "Senang lah, habis lihat di tv gitu rusuhnya bikin takut, ini saja bingung mau pulangnya gimana," ujarnya.

Padahal biasanya, pertokoan di Mangga Dua Square tutup sekitar pukul 17.00-18.00 WIB.

[has]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini