Wiranto Usut Penyebab Ricuh di Papua Barat

Senin, 19 Agustus 2019 15:13 Reporter : Ronald
Wiranto Usut Penyebab Ricuh di Papua Barat Rapat Koordinasi Keamanan Pascapemilu. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyesalkan adanya insiden di Jawa Timur yang memicu kericuhan di Manokwari dan Jayapura. Dia memastikan pihak berwajib akan mengusut tuntas insiden tersebut.

Pernyataan ini disampaikan Wiranto usai melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan tenaga ahli kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

"Pemerintah menyesalkan adanya insiden yang sedang berkembang, soal pelecehan Bendera Merah Putih di Jawa Timur, dan pernyataan oknum yang memicu aksi di Papua dan Papua Barat. Ini mengganggu persatuan kita berbangsa," kata Wiranto di kantornya, Senin (19/8).

Dia memastikan, pihak terkait akan melakukan penyelidikan terhadap insiden yang memicu kerusuhan tersebut. Wiranto menambahkan, juga akan mengusut pihak pihak yang mengambil keuntungan dari kerusuhan tersebut.

"Telah diinstruksikan pengusutan secara tuntas dan adil yang dianggap melakukan pelanggaran hukum. Kita juga akan usut tuntas memanfaatkan insiden itu untuk cari keuntungan," tegasnya.

Wiranto mengingatkan semua pihak untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Mengingat pada Sabtu (17/8) lalu, seluruh masyarakat di seluruh daerah baru saja merayakan hari jadi negara secara meriah dan khidmat.

Sebelumnya sejumlah massa melakukan demonstrasi di Kota Manokwari, Papua Barat. Rentetan aksi ini buntut dari insiden pengepungan asrama disertai tindakan rasisme dan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa waktu lalu. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini