Wiranto Tegaskan Tim Asistensi Hukum Bentukannya Bukan Kopkamtib Era Orde Baru

Jumat, 17 Mei 2019 07:36 Reporter : Merdeka
Wiranto Tegaskan Tim Asistensi Hukum Bentukannya Bukan Kopkamtib Era Orde Baru Rapat Koordinasi Keamanan Pascapemilu. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto menjawab kritikan atas dibentuknya Tim Asistensi Hukumnya. Menurut dia, tim tersebut bukanlah Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban atau lebih dikenal Kopkamtib, di era orde baru.

Selain itu, tim hanya bersifat sementara dan bertugas membantu polisi membedah kasus.

"Banyak yang keliru seakan-akan tim asistensi hukum ini kayak Kopkamtib dulu mengawasi semau pembicaraan orang, menguping semua pembicaraan orang, kata-kata orang, menganalisis semua yang diucapkan oleh semua orang. Tidak, dia bukan intel bukan lembaga intelijen," jelas Wiranto.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (16/5) malam.

"Dia lembaga yang bersifat sementara ad hoc hanya untuk kepentingan pasca pemilu ini saja. Hanya tugasnya apa, tugasnya membantu menganalisis membedah kasus-kasus hukum yang sulit ditentukan oleh Polisi," sambungnya.

Wiranto juga memastikan tim ini sudah bekerja pada jalurnya. Terbukti dari sejumlah tokoh yang diduga melanggar hukum sudah diproses kepolisian.

"Adanya tim asistensi hukum maka langkah-langkah hukum jadi jelas. Terbukti sekarang Eggi Sudjana bisa kita proses hukum. Kivlan Zen, Permadi lagi nunggu, siapa lagi?"

Dia pun mengingatkan agar kepada semua pihak tak berbicara macam-macam, atau yang bisa melanggar aturan. Sebab biasanya, saat berhadapan dengan polisi banyak yang mengelak meskipun rekaman videonya sudah menjadi viral dan didengar banyak orang.

"Sudah ngomong macam-macam, urusan di polisi baru ngelak, tapi omongannya sudah tersebar," tegas Wiranto.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Wiranto
  2. Tim Hukum Nasional
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini