Wiranto Tegaskan Tak Minta Tolong Amerika Selesaikan Konflik Papua

Selasa, 3 September 2019 17:26 Reporter : Merdeka
Wiranto Tegaskan Tak Minta Tolong Amerika Selesaikan Konflik Papua Rapat Koordinasi Keamanan Pascapemilu. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto mengatakan, tidak pernah meminta bantuan negara lain, terlebih Amerika Serikat dalam menyelesaikan masalah Papua dan Papua Barat.

"Enggak ada minta tolong, minta tolong itu. Ini kondisi negeri kita sendiri. Antar negara saling menghormati teritorial negara lain. Tidak mungkin suatu negara itu ikut campur urusan negara lain," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa (3/9).

Dia menuturkan, masalah Papua dan Papua Barat ini menjadi urusan Indonesia. Bukan negara lain.

"Indonesia menganut bebas aktif. Tetapi kita tidak ingin urusan dalam negeri kita dicampuri negara lain. Ini kan urusan kita, urusan rumah tangga kita. Papua Barat itu bagian sah dari timurnya Indonesia seperti yang lain," jelas Wiranto.

Karenanya, masih kata dia, urusan Papua dan Papua Barat akan ditangani sendiri. Jadi tidak benar ada informasi bahwa Indonesia meminta bantuan Amerika Serikat.

"Misal terjadi di Madura, masa saya minta tolong Prancis. Terjadi kerusuhan di Banten, minta Arab Saudi minta tolong, enggak bisa. Selesaikan sendiri. Ada permasalahan kita selesaikan sendiri. Jadi itu enggak benar (minta tolong negara lain)," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini