Wiranto tegaskan pemindahan Ba'asyir karena pertimbangan kemanusiaan

Selasa, 6 Maret 2018 15:29 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Wiranto tegaskan pemindahan Ba'asyir karena pertimbangan kemanusiaan Abu Bakar Baasyir berobat ke RSCM. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Wiranto) mengatakan pertimbangan pemindahan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir ke lapas kawasan Jawa Tengah agar dekat dengan keluarga. Pemerintah juga akan memberikan fasilitas medis yang penuh untuk Ba'asyir.

"Yang bersangkutan sudah tua, kesehatannya sudah menurun maka tentunya pertimbangan kesehatan agar tetap sehat di penjara ini di tahanan yang utama. Sehingga apapun yang terjadi yang bersangkutan harus dapat fasilitasi upaya medical, bahkan kalau perlu dengan heli bawa ke RS," ucap Wiranto saat ditemui di KPU RI, jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Artinya, kata Wiranto, pemerintah tetap memperhatikan sisi kemanusiaan tanpa mengabaikan hukuman yang dijalani. Lanjut Wiranto, jika dipindah Ba'asyir juga lebih mudah dibesuk karena dekat dengan keluarga. Pengawasannya pun tetap sama seperti di rumah tahanan.

"Jadi spekulasi akan ada tahanan rumah, ada amnesti grasi sementara tidak ada. Saya harap selesai jangan terus dimunculkan," ucap Wiranto.

Presiden Joko, kata Wiranto, juga setuju dengan pertimbangan kemanusiaan. "Hasil rakor di Kemenko Polhukam kita lanjutkan lapor ke Presiden, maka Presiden pesannya adalah pertimbangan kemanusiaan," jelas dia. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini