Wiranto: Hasyim Muzadi sosok bijak dan selalu bersikap netral

Kamis, 16 Maret 2017 13:13 Reporter : Rizky Andwika
Wiranto: Hasyim Muzadi sosok bijak dan selalu bersikap netral KH Hasyim Muzadi. Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di usia 72 tahun. Menko Polhukam Wiranto menyebut sosok Hasyim Muzadi sebagai sosok bijak dan selalu bersikap netral dalam kondisi apapun.

"Kita kehilangan orang yang bijak, orang bijak itu artinya beliau selalu pertimbangkan berbagai hal berbagai kasus dengan kaca mata netral dengan kaca mata yang bijak dalam arti tidak semata-mata berpihak pada siapapun yang sedang berkonflik," kata Wiranto di Jakarta, Kamis (16/3).

Hasyim Muzadi, lanjut dia, dapat memberikan contoh bagi siapapun di sekitarnya. Bahkan dia meyakini mantan Ketua Umum PBNU itu selalu teguh bersikap netral dan tak berpihak pada kepentingan apapun.

"Selalu melihat dengan kaca mata yang jernih dengan kaca mata yang menyejukkan sehingga timbulkan rasa tentram bagi siapapun yang bergaul dengan beliau," ujarnya.

Lebih jauh, Wiranto mengenang pernyataan Hasyim Muzadi menyebutkan perbedaan di Tanah Air bukan menjadi penghalang untuk bersatu. Perbedaan, dianggap Hasyim Muzadi justru sebagai suatu anugerah. "Seperti itu yang disampaikan (Hasyim Muzadi) ke masyarakat," katanya.

Selain menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015, Hasyim juga merupakan pendiri Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang serta pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU periode 1999-2010.

Hasyim Muzadi meninggal sekitar pukul 06.15 WIB, Kamis (16/3). Rencananya jenazah akan diberangkatkan ke pesantren Al-Hikam Depok dari Malang dan akan disalatkan di Masjid Al-Hikam setibanya di pesantren.

[ang]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini