Wiranto Cerita Kesuksesan Habibie Saat Transisi Orde Baru ke Reformasi

Kamis, 12 September 2019 16:11 Reporter : Ronald
Wiranto Cerita Kesuksesan Habibie Saat Transisi Orde Baru ke Reformasi megawati dan habibie di pemakaman Ani Yudhoyono. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengaku punya banyak cerita dan pengalaman dengan Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie. Wiranto juga menjadi saksi keberhasilan Habibie di masa transisi dari orde baru ke era reformasi.

"Saya pernah bersama beliau cukup lama. Saya mulai ajudan presiden di tahun 90-an sampai saya menjadi bagian dari pemerintahan yang beliau pimpin," kata Wiranto di Pos Tinjau T12 Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (12/9).

Di mata Wiranto, Habibie mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik meski umur kabinetnya terbilang pendek. Habibie sukses di masa peralihan dari orde baru ke reformasi. Padahal banyak yang meragukan kepemimpinan seorang Habibie.

"Beliau bisa switch dari teknokrat menjadi seorang negarawan yang merintis demokrasi di Indonesia. Beliau bisa melakukan satu lompatan dari stigma orde baru masuk kepada satu kondisi negara yang sangat reformis dan demokratis yang sempat banyak orang meragukannya apakah beliau mampu menghapus stigma ini dan buktinya bisa," ujarnya.

Habibie menghapus stigma sebagai bagian dari rezim orde baru. Dia mengabaikan itu. Habibie memilih menjawab keraguan terhadapnya dengan membangun sistem demokrasi yang sangat baik dan bertahan hingga saat ini.

"Dia sempat menjadi menteri di orde baru, tapi ternyata beliau mampu untuk merintis satu komposisi demokrasi yang sampai sekarang kita nikmati bersama," katanya.

Bagi Wiranto Habibie seorang yang cinta terhadap tanah air. Dia memikirkan masa depan Indonesia. Meskipun, sesungguhnya Habibie memiliki pilihan untuk hidup sebagai warga negara kehormatan Jerman.

Walaupun di Jerman sudah punya kedudukan yang bagus, Habibie memilih pulang ke tanah air dan menyumbangkan pemikiran serta keahliannya dan kecerdasannya untuk membangun teknologi di Indonesia. Langkahnya berhasil. Puncaknya saat Habibie untuk membangun industri pesawat terbang.

"Itu satu lompatan yang luar biasa ya, tidak khawatir kalau kemudian atau katakanlah kita sangat mendukung apabila beliau dijuluki sebagai bapak teknologi Indonesia," sambungnya.

Habibie menginginkan seluruh pemangku jabatan dan masyarakat bersatu padu menjaga keutuhan bangsa. Habibie selalu mengingatkan untuk merawat dan menjaga negeri ini.

"Oleh karena itu yang terpenting saat ini marilah kita lanjutkan apa yang telah beliau cita-citakan, satu negara yang modern juga demokratis serta mampu mensejahterakan rakyatnya," tutupnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini