Waspada Virus Corona, Anggota DPR Usul Kebijakan Bebas Visa Bagi WN China Dicabut

Selasa, 28 Januari 2020 16:13 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Waspada Virus Corona, Anggota DPR Usul Kebijakan Bebas Visa Bagi WN China Dicabut Wabah virus mirip SARS hantui China. ©NICOLAS ASFOURI/AFP

Merdeka.com - Anggota Komisi I DPR Charles Honoris menyarankan pemerintah mencabut kebijakan bebas visa bagi warga negara China yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia. Langkah ini demi mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

Apalagi, China juga sudah melarang agen perjalanan mereka untuk memberangkatkan warganya ke luar negeri, termasuk Indonesia.

"Upaya untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia harus dilakukan secara sistematis, tidak sekadar memperketat pintu masuk bandara dan pelabuhan atau menerbitkan 'travel advice' bagi WNI. Tetapi juga memberlakukan kembali visa kepada WN China yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia," kata Charles dalam siaran persnya, Selasa (8/1).

Dengan pemberlakuan kembali visa kunjungan WN China setelah dibebaskan pada 2015, kata dia, Pemerintah bisa memperketat masuknya warga dari wilayah terdampak virus corona di China seperti Wuhan secara lebih intensif.

"Tidak sekadar mengandalkan thermo scanner di bandara/pelabuhan," ujar Charles.

1 dari 1 halaman

Menurutnya, pencabutan bebas visa bagi WN China ke Indonesia wajar karena negeri tirai bambu itu juga menerapkan kebijakan yang sama kepada WNI.

"Pembebasan visa seharusnya dilakukan secara resiprokal demi martabat bangsa," terang dia.

Oleh sebab itu, politikus PDIP ini menilaidalam kondisi seperti sekarang, pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi warga negaranya dari serangan virus tersebut.

"Jadi segala tindakan yang diambil, termasuk pencabutan fasilitas bebas visa kunjungan bagi warga negara China juga dalam rangka menjalankan kewajiban tersebut," tegas dia. [ray]

Baca juga:
Kemlu: 243 WNI di China Tidak Ada yang Terjangkit Virus Corona
BKPM Prediksi Gejolak Dunia Akibat Virus Corona Berjangka Pendek
Antisipasi Virus Corona, Impor Makanan Diperketat
Kepanikan Mahasiswa Aceh di Nanjing saat Warga Dilarang Keluar Akibat Virus Corona

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini