Waspada, banyak kosmetik mengandung bahan berbahaya beredar!

Senin, 13 Mei 2013 12:27 Reporter : Eko Prasetya
Ilustrasi kosmetik. ©Shutterstock.com/matka_Wariatka

Merdeka.com - Masyarakat Indonesia harus terus waspada terhadap peredaran kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Hingga Maret 2013, sebanyak 17 jenis kosmetika mengandung bahan tersebut.

"Untuk itu Badan POM mengeluarkan peringatan publik dengan tujuan agar masyarakat tersebut karena membahayakan kesehatan," ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucky S Slamet di kantornya, Senin (13/5).

Lucky menambahkan bahan berbahaya yang digunakan selalu sama dari tahun ke tahun yaitu pemutih kulit. Bahan berbahaya itu antara lain merkuri, asam retinoat, hirojinon, dan reorsinol.

"Barang-barang yang kita dapat, ditarik dari peredaran dan dimusnahkan," katanya.

Berdasarkan temuan itu, lanjut Lucky, pihaknya berkerja sama dengan penegak hukum lainnya dan membawanya ke pengadilan. Menurutnya, sudah 268 kasus diajukan ke pengadilan dan para pelaku dihukum dengan paling tinggi 2 tahun 1 bulan kurungan penjara.

"Sayang hukuman tersebut belum menimbulkan efek jera bagi pelaku," tuturnya.

Lucky mengatakan biasanya, penjualan kosmetik tersebut diedarkan melalui media online (internet), klinik kecantikan dan salon. Berikut merek kosmetik yang mengandung bahan berbahaya:

1. Tabita

2. Green Alvina

3. Chrysant

4. Hayfa

5. Dr. Nur Hidayat

6. Cantik [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Kosmetik Ilegal
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.