Warga Surabaya diprediksi tak dapat lihat gerhana bulan petang ini

Sabtu, 4 April 2015 15:03 Reporter : Moch. Andriansyah
Warga Surabaya diprediksi tak dapat lihat gerhana bulan petang ini Gerhana bulan. © Onsugar.com

Merdeka.com - Petang nanti akan terjadi fenomena gerhana bulan total. Sayangnya, warga Surabaya, Jawa Timur diperkirakan tidak bisa melihatnya secara kasat mata karena diprediksi awan tebal akan menyelimuti Kota Pahlawan itu.

Dikatakan petugas badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, puncak gerhana pada petang nanti diprediksi hanya berlangsung 12 menit.

Awal kemunculan gerhana, kata Teguh, terjadi pada pukul 15.59 WIB. Kemudian gerhana total terlihat pada 18.54 WIB. Sedangkan puncak gerhana totalnya, terjadi pada 19.00 WIB dan berakhir pukul 19.06 WIB. "Untuk gerhana bulan sebagian akan berakhir sekitar pukul 20.45 WIB dan gerhana berakhir sekitar pukul 22.00 WIB," terang Teguh saat dikonfirmasi.

Sayangnya, masih kata Teguh, warga Surabaya dan sekitarnya diprediksi tidak bisa menyaksikan gerhana bulan malam nanti secara kasat mata. "Karena diperkirakan pada saat terjadi Gerhana Bulan, Kota Surabaya dan sekitarnya akan diselimuti awan tebal dan akan turun hujan," kata dia menyayangkan.

Kemudian Mojokerta, lanjut dia, Nganjuk, Kediri dan Madiun, juga cenderung tidak bisa menyaksikan Gerhana Bulan. "Sebab, malam nanti di sebagian daerah di Jawa Timur, berpotensi akan turun hujan. Angin akan bergerak dari timur laut, dengan kecepatan mulai 5 hingga 35 kilometer per jam," jelasnya.

Suhu udara di Surabaya, mencapai sekitar 25 hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan 58 hingga 95 persen. Pun begitu di hari Minggu, 5 April besok, di Kota Pahlawan ini hujan diperkirakan akan tetap turun.

"Hanya saja tidak terlalu deras. Hanya hujan ringan saja. Dan angin dari timur laut bergerak dengan kecepatan mulai 5 hingga 35 kilometer per jam, suhu udara 25 hingga 33 derajat celcius, serta kelembapan 62 hingga 94 persen," rincinya.

Untuk wilayah yang berada di sekitar pesisir pantai atau daerah Tapal Kuda seperti daerah Jember hingga Banyuwangi, bisa sedikit gembira. Karena warga Jawa Timur di bagian timur daerah Tapal Kuda tersebut, bisa menyaksikan keindahan Gerhana Bulan malam nanti.

"Di daerah tersebut, Gerhana Bulan memang bisa disaksikan langsung karena cuacanya mendukung. Apalagi di daerah sekitar pantai dan tanah lapang, menjadi posisi yang ideal untuk melihat gerhana," tandasnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Gerhana Bulan
  2. Surabaya
  3. Blood Moon
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini