Warga Semarang temukan harta karun

Selasa, 3 April 2012 09:39 Reporter : Parwito
Warga Semarang temukan harta karun Benda bersejarah di Semarang. merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Warga Semarang menemukan benda peninggalan sejarah saat melakukan penggalian tanah untuk membangun sebuah perumahan di Kawasan Tuntang, Kabupaten Semarang atau sekitar sungai Rowo Pening.

Peninggalan sejarah yang ditemukan berupa; ribuan koin yang dibuat sejak tahun 1776 pada zaman pemerintahan Kolonial Belanda,  4 Yoni (tempat sesaji), batu bata, garpu, prasasti, patung, dan emas berbentuk cincin.

Alif Yulianto (29), salah satu penemu mengatakan, benda-benda bersejarah ditemukan sejak kegiatan pemerataan tanah dilakukan di kompleks perumahan oleh seorang pengembang.

Saat itu dirinya bersama beberapa warga setempat melakukan penggalian dengan cara menggunakan ekskavator. Usai galian mencapai kedalaman sekitar 1 meter di atas lahan seluas 1,4 hektar, tiba-tiba alat berat yang digunakan mengeruk tanah membentur benda keras.

"Benda keras itu ternyata berbentuk Yoni. Mendengar kabar tersebut, warga berbondong-bondong melihatnya dan berusaha mencari benda yang dimungkinkan terpendam di sekitar lokasi," kata Alif, Selasa (3/4).

Slamet (36), warga lainya menambahkan,  sedangkan koin ditemukan lebih banyak saat menyaring pasir di tepi sungai Ngreco. Sungai itu merupakan hulu danau Rowo Pening. Koin ini berlogo VOC.

“Penemuan ini sudah kami laporkan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang,” tutur Slamet.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti apakah benda ini berada di dusun tersebut karena sejak zaman dahulu, warga pun belum mengetahui asal usul nama dusun yang saat ini ditempati mereka.

“Bisa saja tempat kami ini zaman dahulu bekas kerajaan. Tetapi itu belum ada bukti konkret sejarahnya yang menunjukan dugaan kami itu," tambah Slamet. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Harta Karun
  2. Harta Karun Cirebon
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini