Warga Kabupaten Bogor Zona Kuning dan Hijau Boleh Salat Id di Luar Rumah

Rabu, 20 Mei 2020 11:05 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Warga Kabupaten Bogor Zona Kuning dan Hijau Boleh Salat Id di Luar Rumah jemaah salat idul adha di istiqlal. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sepakat membolehkan masyarakat wilayah tertentu melaksanakan Shalat Idul Fitri di luar rumah.

"Pelaksanaan Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan di luar rumah dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan di wilayah yang masyarakatnya homogen dan penyebaran virusnya terkendali, berdasarkan keterangan pihak berwenang," kata Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Ahmad Mukri Aji di Aula Tegar Beriman, Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat, dikutip dari Antara Rabu (20/5).

Menurutnya, masyarakat di 203 desa terdiri dari zona kuning dan hijau di Kabupaten Bogor bisa melaksanakan Shalat Id di luar rumah. Sementara sisanya, masyarakat di 232 desa yang tergolong zona merah Covid-19, tidak diperkenankan Salat Id di luar rumah.

Informasi mengenai daftar desa yang tergolong zona merah, kuning, dan hijau bisa diakses di website resmi milik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, http://covid-19.bogorkab.go.id.

zona corona di kabupaten bogor

©2020 Merdeka.com/pemkab bogor

1 dari 1 halaman

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu menyebutkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan Shalat Id di luar rumah, seperti menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak fisik, serta membawa sajadah masing-masing dan mengenakan masker.

Sementara itu, Bupati Bogor sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin di tempat yang sama mengatakan, pelaksanaan Shalat Id di luar rumah hanya untuk di lingkungan terkecil tingkat RT dan RW.

"Itu di lingkungan terkecil, artinya begini, kalau masjid raya di pinggir jalan kita persilakan, khawatir orang luar masuk ke sini. Tapi kalau lingkungan terkecil, kita bisa manfaatkan satgas RT RW jadi untuk membatasinya," tuturnya. [rnd]

Baca juga:
Warga Karanganyar Diimbau Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Saat Salat Id
Hindari Kerumunan, Polisi Minta Masyarakat Tidak Menyekar ke Kuburan Jelang Lebaran
Cegah Covid-19 Meluas, Pemprov Sumsel Putuskan Larang Salat Id di Masjid
Ulama Al-Azhar: Muslim Dilarang Jadi Makmum di Belakang TV yang Siarkan Salat Id
Klaim Covid-19 Terkendali, Pemkab Karanganyar Izinkan Salat Id
Lalu Lintas Selama Lebaran Diprediksi Turun Signifikan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini