Warga juga menolak Santoso dimakamkan di Desa Adipuro Magelang

Rabu, 20 Juli 2016 12:38 Reporter : Parwito
Warga juga menolak Santoso dimakamkan di Desa Adipuro Magelang Keluarga Santoso di Magelang. ©2016 merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Warga Dusun Prampelan, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menolak bila jenazah Santoso dimakamkan di wilayah mereka. Seperti diketahui, bapak kandung Santoso, almarhum Irsan merupakan warga Desa Adipuro.

Penolakan itu disampaikan ratusan warga kepada Waluyo, Kepala Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Waluyo menegaskan, penolakan ratusan warga itu karena Santoso bukan merupakan warga asli Lereng Sumbing di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Meski Bapaknya berasal dari desa itu, tetapi Santoso lahir dan besar di Sulawesi karena Bapak dan Ibunya mengikuti program transmigrasi ke Sulawesi.

"Kita tidak ada keterkaitan apapun dengan kematian Santoso, sehingga kalau masalah jenazahnya mau dibawa ke mana, itu dari pihak kami tidak ada keinginan untuk dibawa ke sini," ujar Waluyo kepada awak media di Kantor Kepala Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (20/7).

Penolakan warga ini juga didasarkan pada penolakan pihak kerabat Santoso yang berada di Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sebab kerabat sendiri merasa malu dengan sepak terjang Santoso.

"Dari keluarga yang ada keterkaitan saudara dengan Santoso sendiri itupun tidak berharap dia dibawa ke sini. Apalagi desa yang tidak mempunyai kaitan apapun, kita menolak untuk diberi kalau ada yang berkehendak dibawa ke sini. Silakan dia hidup di sana, mati di sana ya sekarang diurus di tempat dia hidup dulu. Kami ga mau sama sekali dilibatkan dalam hal ini," terangnya.

Berdasarkan data dari Desa Adipuro, Bapak dan Ibu Santoso yaitu almarhum Irsan dan Rumiyah transmigrasi sejak tahun 1970-an. Bahkan tanah warisannya di Desa Adipuro telah dijual oleh ayah Santoso pada tahun 1998 kepada adiknya. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini