Warga Garut Mulai Disuntik Vaksin Booster Kedua Covid-19

Rabu, 25 Januari 2023 10:55 Reporter : Mochammad Iqbal
Warga Garut Mulai Disuntik Vaksin Booster Kedua Covid-19 Vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum dimulai. ©2023 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Warga Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah mulai mendapatkan vaksinasi booster atau penguat kedua Covid-19. Pemberian booster dilakukan setelah Kementerian Kesehatan mengizinkannya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani mengatakan bahwa warga yang mendapatkan booster kedua adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas. "Warga bisa datang langsung ke puskesmas terdekat atau mendatangi sentra vaksinasi di Gedung Pendopo setiap hari Sabtu dan Minggu," katanya, Rabu (25/1).

Leli menjelaskan bahwa untuk booster kedua yang diberikan kepada masyarakat adalah vaksin yang sama disuntikkan pada penguat pertama. Syarat untuk mendapatkannya, penerima sudah enam bulan sebelumnya menerima suntikan pertama.

"Sebetulnya booster kedua ini belum menjadi prasyarat untuk warga dalam menjalankan aktivitasnya. Namun walau begitu kami berharap agar warga memiliki kesadaran mandiri untuk di-booster kedua agar imunitas terhadap Covid-19 semakin kuat," jelas Leli.

Hingga saat ini, warga yang sudah divaksinasi dosis pertama sudah mencapai 83,1 persen dari seluruh sasaran 1,9 juta orang. Untuk dosis kedua 76,6 persen, booster pertama 52 persen, dan booster kedua 2,8 persen.

"Pemerintah Kabupaten Garut juga saat ini memang kembali membuka sentra vaksinasi di Gedung Pendopo yang dibuka setiap hari, Sabtu dan Minggu. Tentunya dengan dibukanya sentra vaksinasi ini bisa menumbuhkan dan antusias warga untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Penjualan Produk Covid-19 Anjlok, Bio Farma Bidik Untung dari Produk Reguler
Menkes Sebut Vaksin Covid-19 akan Berbayar Setelah Indonesia Masuk Endemi
Dinkes DKI Mulai Layani Vaksinasi Booster Kedua untuk Umum di 300 Lokasi
Vaksinasi Booster Ke-2 Digelar di 44 Puskesmas Jakarta, Simak Jadwal & Syaratnya
Tidak Ada Pemeriksaan Khusus Covid-19 Bagi WN China Masuk Bali

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini