Warga DKI, Hindari Berolahraga di GBK Pagi Ini

Sabtu, 14 Mei 2022 06:24 Reporter : Bachtiarudin Alam
Warga DKI, Hindari Berolahraga di GBK Pagi Ini Vaksinasi Covid-19 di GBK. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Polisi meminta kepada masyarakat untuk tidak melangsungkan olahraga pagi di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta pada libur akhir pekan ini. Hal itu, menyusul acara aksi buruh May Day Fiesta.

"Sebaiknya warga Jakarta dari pagi tidak berolahraga di GBK, karena dari pagi massa buruh sudah akan datang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada awak media, dikutip Sabtu (14/5).

Imbauan untuk masyarakat tidak berolahraga di kawasan GBK, lantaran area tersebut nantinya dikabarkan akan dipadati puluhan ribu massa buruh yang akan datang dengan ribuan bus dari luar kota.

"Kurang lebih ada seribuan bus yang akan masuk ke GBK," sebutnya.

Polisi telah membuka tiga akses masuk menuju area GBK. Dimana akses tersebut dikhususkan bagi massa buruh yang akan datang.

"Ada tiga pintu yang akan kita gunakan, mulai dari pintu 10 yang TVRI, pintu 7, dan kalau memang kedua pintu itu padat kita akan gunakan pintu 5 yang di seberang," ujar Sambodo.

Sedangkan untuk lahan parkir kendaraan polisi, lanjut Sambodo, telah menyusun pembagiannya akan ditempatkan sesuai wilayah rombongan buruh.

"Lahan parkir sudah kita siapkan, nanti di kita rencanakan untuk buruh yang berasal dari Jawa Barat artinya yang berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, mungkin Bogor, itu akan kita tempatkan di parkir timur," tuturnya.

"Kemudian untuk buruh yang berasal dari Provinsi Jakarta, buruh Pulogadung dan sekitarnya, itu nanti kita tempatkan di ring road di dalam area GBK. Sedangkan untuk buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya dan sekitarnya, kita akan tempatkan di Cekungan Asia Afrika," tambahnya.

Sementara bagi para buruh yang memakai kendaraan sepeda motor, bisa memarkirkan kendaraannya di lapangan parkir ABC dan Akuatik. Sedangkan untuk kendaraan pribadi kita akan tempatkan di lapangan parkir Istora Senayan.

Estimasi Masa Sampai Ribuan

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena menyampaikan jika pihaknya memprediksi acara May Day Fiesta akan dihadiri puluhan ribu peserta.

"Ya jam 09.30 Wib ada sebagian massa sekitar 10.000 ke depan DPR untuk menyuarakan aspirasinya," kata Andi saat dikonfirmasi, Sabtu (14/5).

Setelah menggelar aksi di depan gedung DPR/MPR, lanjur Andi, para buruh akan kembali melanjutkan aksi di GBK untuk bergabung bersama peserta aksi lainnya dalam gelaran May Day Fiesta.

"Hanya satu jam saja (aksi di depan DPR), setelah itu kita akan long march dari DPR ke GBK. Karena kita khawatir kalau sampai 60 ribu orang yang hadir di jalan (di depan DPR), itu akan sangat mengganggu masyarakat," sambungnya.

Adapun tercatat empat elemen buruh yang akan hadir diantaranya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Baca juga:
Besok Buruh Kabupaten Bekasi Gelar Aksi Damai di Senayan, Ini Daftar Tuntutannya
Aksi May day Fiesta pada Sabtu, Masyarakat Diimbau Hindari Kawasan GBK
Penjelasan Polri, Unjuk Rasa Wajib Kirim Surat Pemberitahuan Bukan Minta Izin
DPR Ingatkan Massa Aksi Tak Angkat Isu Pemakzulan
May Day Fiesta Digelar Besok, Polisi Imbau Pengendara Hindari Kawasan GBK
Operasional Transjakarta Disesuaikan Imbas Demo Buruh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini