Warga Banten Dapat Beras Jelek, Gubernur Wahidin Halim Pamer Nasi Goreng Kambing

Jumat, 6 Agustus 2021 14:16 Reporter : Dwi Prasetya
Warga Banten Dapat Beras Jelek, Gubernur Wahidin Halim Pamer Nasi Goreng Kambing Tangkapan layar video Gubernur Banten Wahidin Halim memasak nasi goreng kambing. ©2021 Merdeka.com/Instagram

Merdeka.com - Video memasak nasi goreng kambing yang diunggah Gubernur Banten Wahidin Halim di akun instagramnya mendapat komentar miring. Dia dinilai tidak memiliki kepekaan sosial dan empati di saat sebagian warganya mendapatkan bantuan beras tidak layak konsumsi.

Akun instagram Wahidin Halim @Wh_wahidinhalim meng-upload Gubernur Banten itu tengah memasak nasi goreng kambing di rumah dinasnya. Dalam caption dengan judul "Nasi Goreng Kambing Ala WH", Wahidin mengimbau agar masyarakat berada di rumah saja dalam suasana PPKM, untuk mencegah penularan Covid-19.

Seorang netizen dengan akun @rafi_maulana63, yang berkomentar pada unggahan itu, meminta Wahidin turun ke bawah mengecek beras bantuan tidak layak konsumsi yang diterima masyarakat.

"Alhamdulillah Pak Gubernurnya makan nasi goreng kambing.... Punten pak rakyatnya makan beras bantuan covid yang jelek2.. coba deh bapak cek ke lapangan pak.. beras bantuan trs dapat dari Bulog dan kondisi berasnya sangat jelek bergumpal dan kuning. Memang memprihatinkan kondisi di Banten ini. Kritik bukan membenci tapi acuan dan cambukan untuk kebaikan Banten ke depannya," tulisnya mengomentari video sang gubernur, Kamis (5/8).

Akun instagram Gubernur Banten langsung merespons komentar netizen itu. Dia menuliskan pihaknya telah mengoordinasikan masalah itu dengan pihak-pihak terkait dan bertanggung jawab.

"@rafli_maulana63 sudah dikoordinasikan dengan pihak2 terkait yang bertanggung jawab pada urusan Bulog semoga tidak terulang kembali penyaluran beras yang kurang berkualitas. Dan pelayanan akan semakin baik," balasnya di kolom komentar.

Aktivis TRUTH, Jupry Nugroho mengatakan, tontonan lezatnya sajian nasi goreng kambing yang dimasak Wahidin Halim dan disajikan ke beberapa orang terdekatnya dinilai tidak tepat, khususnya di tengah kondisi masyarakat menjerit bantuan beras PPKM yang dikirimkan tidak layak dikonsumsi.

"Tentu ini membuat kita semua bertanya, meminjam istilah yang dipakai Presiden Jokowi, betapa pentingnya 'sense of crisis' atau kepekaan dalam menghadapi krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19. Justru tidak ditunjukkan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim," katanya.

"Jika pemimpin tidak memiliki kepekaan sosial, di tengah masyarakatnya yang kelaparan ditambah banyaknya oknum yang justru menyunat bantuan sosial, alih-alih memberikan empati yang mendalam justru malah sebaliknya. Tentu hal ini membuat sakit hati masyarakat Banten," tambahnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini