Warga Bandung Dikagetkan Suara Gemuruh, BMKG Belum Bisa Pastikan Asal Suara

Selasa, 27 Juli 2021 17:29 Reporter : Aksara Bebey
Warga Bandung Dikagetkan Suara Gemuruh, BMKG Belum Bisa Pastikan Asal Suara Ilustrasi. ©Joseph Prezioso/AFP

Merdeka.com - Suara gemuruh terdengar di langit Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/7) malam sekitar pukul 23.13 WIB. Suara yang muncul dilaporkan terdengar seperti pesawat yang terbang rendah.

Rekaman suara gemuruh tersebut dibagikan akun Instagram @infobandungkota berdurasi 20 detik. Sejumlah warganet pun turut mendengar suara tersebut.

"Pesawat dari Husein (bandara) soalnya saya juga denger dari rumah saya," kata akun @trulywiseman.

Terkait fenomena gemuruh yang terdengar di Kota Bandung tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memaparkan analisisnya.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pertama bahwa sekitar pukul 23.13 WIB tak ada aktivitas gempa bumi di Kota Bandung berdasarkan rekaman seismograf. Kedua, pihaknya pun tidak melacak adanya suara petir pada waktu tersebut.

"Berdasarkan monitoring Lightning Detector sekitar pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir," ucap Teguh, Selasa (27/7).

Menurut Rahayu, dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi dan sekitarnya pukul 23.13 WIB sampai pagi tadi tidak ada gangguan yang signifikan. Selain itu, berdasar informasi yang diperoleh dari BPBD Jabar, tak ada masyarakat yang terdampak dari adanya suara gemuruh tersebut.

"Maka dari itu, belum dapat dipastikan asal muasal suara gemuruh tersebut," kata Teguh. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fenomena Alam
  3. BMKG
  4. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini