Wapres: Pemuka Agama Berperan Penting dalam Keberhasilan Adaptasi Kebiasaan Baru

Selasa, 14 Juli 2020 13:09 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Wapres: Pemuka Agama Berperan Penting dalam Keberhasilan Adaptasi Kebiasaan Baru Wapres Maruf Amin. ©Istimewa

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut bahwa tokoh agama berperan penting untuk keberhasilan adaptasi (AKB) kesehatan baru masyarakat dalam masa transisi 'new normal'. Untuk itu, diperlukan peran aktif semua pihak termasuk para pemuka agama agar kebijakan itu bisa berjalan dengan baik.

Hal itu dikatakan Wapres dalam Dialog Virtual Nasional Lintas Iman dengan tema 'Peran dan Tantangan Agama di Masa dan Paska Pandemik' yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Selasa (14/7).

"Dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini Saya ingin kembali mengajak para tokoh agama untuk tidak henti-hentinya mengingatkan para pemeluk agama agar tetap menjaga semangat, tidak berputus asa atau menyerah, serta mau memahami dan mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Saya yakin peran para tokoh agama sangat penting untuk memastikan keberhasilan kebijakan ini," ucapnya.

Wapres menjelaskan, kebijakan AKB diambil oleh pemerintah setelah beberapa daerah menunjukan penurunan dalam penyebaran Covid-19. Namun perlu disadari, bahwa angka penularan virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) hingga saat ini masih cukup tinggi, terlebih belum ditemukan obat dan vaksin untuk menanggulanginya.

"Untuk itu, pemerintah juga telah menyiapkan protokol pelaksanaan AKB agar masyarakat aman Covid-19 dan produktif. Kebijakan ini penting untuk disosialisasikan seluas mungkin kepada masyarakat, agar dipahami dan dijalankan secara patuh dan konsisten, seperti dalam konsep ajaran Islam sami’naa wa ata’na,"terang Wapres.

Wapres mengingatkan, bahwa pemuka agama juga berperan dalam membangkitkan semangat umat agar bekerja keras dalam rangka memulihkan kembali keadaan, serta mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat Covid-19. Serta, untuk memusatkan kembali tenaga dan pikiran bangsa dalam mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu Indonesia Maju.

"Peran agama yang utama memang mengajarkan kebaikan dan menjaga ketakwaan umat, namun tidak kalah penting adalah peran dalam mendorong semangat umat untuk mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan kemaslahatan atau kemanfaatan bagi umat manusia," ungkapnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini