Wapres Minta Pemuka Agama Tak Selenggarakan Pertemuan Besar Cegah Sebaran Corona

Senin, 23 Maret 2020 14:38 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Wapres Minta Pemuka Agama Tak Selenggarakan Pertemuan Besar Cegah Sebaran Corona Wapres Maruf Amin Ratas Telekonferensi dari Kantor. ©2020 instagram.com/kyai_marufamin

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta para ulama dan pemuka agama mematuhi pemerintah untuk tidak menyelenggarakan pertemuan besar. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (corona).

"Kepada para ulama, para pemimpin agama ini supaya menaati seruan seruan pemerintah apalagi sudah ada fatwa majelis ulama untuk tidak menyelenggarakan pertemuan-pertemuan, perkumpulan perkumpulan," kata Wapres di Kantor BNPB, Jakarta, Senin (23/3).

Wapres menegaskan, seharusnya para tokoh dan para ulama ikut menjaga dan memberikan tuntunan nasihat kepada masyarakat serta umat untuk mematuhi seruan-seruan pemerintah.

"Ini yang menjadi penting supaya semua pihak ikut bersama sama bergerak sesuai dengan arah dan gerakan yang dilakukan oleh pemerintah baik nasional daerah termasuk tokoh-tokoh masyarakat," kata Wapres.

Wapres pun sebelumnya juga sudah meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait tidak melakukan salat jamaah dalam situasi sekarang.

"Saya sudah meminta majelis ulama untuk mengeluarkan fatwa kebolehan untuk tidak melakukan shalat jamaah dan tidak jumat kalau terjadi situasi yang cukup mengkhawatirkan seperti Jakarta dan kawasan tertentu dan itu sudah dikeluarkan fatwanya oleh Majelis Ulama," tandasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini