Wapres Ma'ruf: Pemerintah Pusat Sudah Ingatkan Pemda Antisipasi Bencana Alam

Senin, 5 Desember 2022 22:00 Reporter : Merdeka
Wapres Ma'ruf: Pemerintah Pusat Sudah Ingatkan Pemda Antisipasi Bencana Alam Merdeka Award 2022 Wakil Presiden Maruf Amin. ©BPMI Setwapres

Merdeka.com - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, Pemerintah terus mengingatkan setiap daerah untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia.

"Pemerintah memang sudah memerintahkan agar pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten, terutama mereka yang memang merupakan daerah langganan terjadinya bencana itu sudah menyiapkan diri untuk melakukan antisipasi, melakukan mitigasi terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi," katanya di Jakarta, Senin (5/12).

Hal itu disampaikan Ma'ruf menjawab pertanyaan wartawan tentang arahan kepada pihak terkait soal antisipasi terhadap bencana alam yang kian meningkat di akhir tahun 2022.

Dia menekankan Indonesia sudah memiliki lembaga penanggulangan bencana, sementara di sisi lain Indonesia juga sering dilanda bencana alam setiap tahun sehingga setiap daerah harus melakukan antisipasi.

"Setiap tahun itu (sejumlah daerah) selalu mengalami apa itu longsor, apa itu banjir, apa itu gempa karena memang kita memiliki daerah-daerah gempa, gunung meletus juga. Oleh karena itu, kita antisipasi," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Menurutnya, antisipasi bisa dilakukan setiap daerah dengan memberikan peringatan dan edukasi kepada masyarakat, serta melakukan persiapan atas kemungkinan terjadinya bencana alam di daerah masing-masing.

"Termasuk anggaran yang harus disiapkan di daerah, selain di pusat dan juga tentu aparat di daerah, badan penanggulangan di daerah dan ini semua pemerintah sudah minta mereka untuk terus bersiap diri menghadapi berbagai kemungkinan," tutup Ma'ruf.

Baca juga:
Politik Identitas Bisa Jadi Ancaman di Pemilu 2024, Ini Pesan Wapres
Sosok Laksamana TNI Yudo Margono di Mata Wapres: Berpengalaman dan Senior
Buka Muktamar di Wajo, Wapres Minta As'adiyah Lahirkan Cendekiawan
Wapres Ma'ruf Kunjungi Papua 5 Hari, Ini Hasilnya
Wapres Harap Calon Panglima TNI Yudo Margono Lanjutkan Kebijakan Keamanan Papua
Menkes Minta Seluruh Pihak Serius Menghadapi Peningkatan Kasus COVID-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini