Wapres Ma'ruf: Negara yang Penegakan Hukumnya Tumpul, Tidak Bisa Menikmati Kemakmuran

Jumat, 9 Desember 2022 14:44 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Wapres Ma'ruf: Negara yang Penegakan Hukumnya Tumpul, Tidak Bisa Menikmati Kemakmuran Wapres Maruf Amin. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin membuka acara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2022. Dalam sambutannya, dia mengatakan, negara manapun yang penegakan hukumnya tumpul tidak dapat menikmati kemakmuran yang dimiliki negara tersebut.

"Negara manapun yang sumber dayanya melimpah, namun bila aturan mainnya lumpuh dan penegakan hukumnya tumpul, maka kemakmuran tidak mungkin dapat dinikmati oleh negara tersebut," katanya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12).

Menurutnya, kekayaan yang hanya dirayakan oleh orang-orang yang memiliki akses terhadap pengambilan keputusan, menyebabkan alokasi sumber daya jatuh kepada segelintir orang. Sehingga umat tidak tersentuh oleh nikmat kesejahteraan.

"Korupsi kebijakan mampu mengubah alokasi sumber daya, dari yang seharusnya diproduksi demi kepentingan publik tetapi dibajak demi memuaskan oligarki, akibatnya kemelaratan menjadi hamparan negeri," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Ma'ruf menambahkan, upaya pemberantasan korupsi mestinya diarahkan pada perubahan perilaku pemerintah dan masyarakat. Dia berkata, perilaku koruptif harus diubah menjadi perilaku yang jujur, bersih dan berintegritas.

"Perubahan perilaku yang muncul dari dalam diri individu akan lebih menjamin kesuksesan kita dalam memberantas korupsi, daripada ancaman hukuman yang berat," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Wapres: Korupsi Perparah Dampak Krisis Pangan
Ma'ruf Amin: Korupsi Musuh Utama Seluruh Bangsa, Sama Seperti Covid-19
Siswa SD Tanya Wapres Ma'ruf Amin: Nyontek Dosa Enggak?
Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Wapres: Deradikalisasi Harus Dievaluasi
Survei Poltracking Terbaru: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Naik Lagi, Kini 73,5%
CEK FAKTA: Hoaks Judul Artikel Ma'ruf Tak Masalah Uang Negara Dipakai Nikah Kaesang
Jubir Wapres Minta Aparat Waspada: Jejaring Terorisme Terus Bergerak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini