Wapres Ma'ruf Kenang Tjahjo Kumolo: Menteri Pekerja Keras, Sakit Masih Rapat

Jumat, 1 Juli 2022 19:00 Reporter : Alma Fikhasari
Wapres Ma'ruf Kenang Tjahjo Kumolo: Menteri Pekerja Keras, Sakit Masih Rapat Tjahjo Kumolo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenang mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Ia mengungkapkan Tjahjo merupakan sosok menteri pekerja keras.

"Bahkan di saat sakit masih sempat mengadakan rapat membahas mengenai pekerjaan. Beliau terus bekerja siang malam melakukan reformasi birokrasi untuk membangun sistem dengan melakukan perubahan besar," kata Ma'ruf Amin, kepada wartawan, di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7).

Lebih lanjut, dia menyampaikan, salah satu bukti kerja keras Tjahjo yakni saat dirinya masih gigih agar Mal Pelayanan Publik (MPP) dapat disediakan di berbagai daerah. Padahal pada saat itu Tjahjo sudah terbaring sakit.

"Selasa lalu saya ada acara di sini, ada inisiatif beliau. Walaupun beliau tidak hadir karena masuk rumah sakit, tapi (Tjahjo) inisiatif untuk (mengadakan) rapat koordinasi MPP," ungkapnya.

Tak hanya itu, selama menjadi menteri Tjahjo juga sering menyampaikan laporannya dalam bentuk buku di setiap rapat kabinet. Buku itu, berisikan laporan-laporan pekerjaan yang sudah dilakukan Tjahjo dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Beliau memberi laporannya dalam bentuk buku, rajin sekali. Kalau sidang kabinet ada buku diberi ke saya, ke Pak Jokowi. Jadi reportnya dalam bentuk buku, ada beberapa kali selama beliau bekerja," ucap Ma'ruf.

2 dari 2 halaman

Untuk diketahui, Tjahjo meninggal dunia pada hari ini, Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB, usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

Jenazah sebelumnya disemayamkan di rumah dinas Menpan RB, Tjahjo Kumolo di Komplek Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta.

Kemudian, disalatkan di Masjid Quba KemenPAN-RB, Jakarta Selatan, sekitar pukul 16.44 WIB. Salat jenazah Tjahjo Kumolo diimami langsung Wakil Presiden Ma'ruf Amin sekitar pukul 16.00 WIB.

Usai disalatkan, jenazah diberangkatkan menuju ke peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Proses pemberangkatan jenazah dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Saya Menko Polhukam Mahfud DM mewakili pemerintah dan TNI menyatakan menerima jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi almarhum Bapak Haji Tjahjo Kumolo dan selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di TMP Kalibata Jakarta Selatan untuk dimakamkan secara militer," kata Mahfud MD.

Baca juga:
Gaya Santai Surya Paloh Tanpa Masker saat Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo
Pemakaman Tjahjo Kumolo Berlangsung Khidmat
Wapres Ma'ruf Amin Melayat Jenazah Tjahjo Kumolo
Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo, Ada Ruangan Khusus Penghargaan
Dirut PLN Kenang Tjahjo Kumolo: Pejuang yang Jadi Aset Bangsa
Momen Terakhir Surya Paloh Bertemu Tjahjo Kumolo di Solo
Tjahjo Kumolo Meninggal, AHY: Jasa-jasanya untuk Negara akan Selalu Terkenang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini