Wapres Ma'ruf: BPJS Cara Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja

Rabu, 12 Agustus 2020 17:14 Reporter : Merdeka
Wapres Ma'ruf: BPJS Cara Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Wapres Maruf Amin. ©Antara

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meyakini, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah cara meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Karenanya, negara menyusun kebijakannya tersebut dalam dua Undang-Undang.

"Ada Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), meliputi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan," katanya, Rabu (12/8).

Menurutnya, dua beleid itu adalah komitmen pemerintah untuk terus mendorong optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dia menambahkan, pemerintah juga mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

"BPJS Ketenagakerjaan dapat terus meningkatkan pelayanannya dalam melindungi pekerja dengan meningkatkan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," ujarnya.

Ma'ruf berpandangan, situasi krisis seperti ini maka kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan harus semakin ditingkatkan. Dia berharap, ke depan masyarakat semakin sadar bahwa salah satu mitigasi dalam menghadapi krisis pandemi seperti sekarang.

"Jaminan ini adalah langkah mempersiapkan pekerja dengan mengikutsertakan mereka sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan," tutupnya.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BPJS
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini