Wapres Jusuf Kalla Harap Masyarakat Bisa Berdemokrasi dengan Tenang

Jumat, 24 Mei 2019 07:26 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres Jusuf Kalla Harap Masyarakat Bisa Berdemokrasi dengan Tenang Wapres Jusuf Kalla. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (23/5) malam. Menurut JK, pertemuan itu salah satunya menyikapi Pemilu 2019 berujung aksi demonstrasi di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Pembicaraan yang hangat dan sangat mendalam para tokoh-tokoh bangsa ini telah membicarakan situasi bangsa hari ini. Khususnya tentang proses Pemilu yang kemudian juga berefek kepada situasi ibu kota," kata JK usai melakukan pertemuan di rumah dinasnya.

Pertemuan tersebut dihadiri Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muth'i, Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie, Ketua PBNU Said Aqil Siradj.

Lalu ada Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva, Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, MenPAN-RB Syafruddin.

Kemudian ada Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin.

JK bersama tokoh lainnya berharap pelanggaran ditemukan dalam proses Pemilu 2019 diselesaikan secara konstitusional. Sebab, sesuai aturan sengketa Pemilu diselesaikan lewat mekanisme sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita harapkan untuk menyelesaikan ini adalah ke MK, karena MK adalah harapan utama untuk mendukung kepercayaan masyarakat yang telah diberikan. Karena itu jalan terbaik dan cara untuk menyelesaikan," ungkap JK.

Kemudian bagi masyarakat yang menuntut keadilan terkait dugaan pelanggaran Pemilu dapat melakukannya secara tertib dan tenang. Dia juga meminta masyarakat bisa membedakan antara penunjuk rasa yang damai dan perusuh.

"Namun demikian kita tetap optimis dan mengharapkan masyarakat itu melaksanakan demokrasi dengan tenang," kata JK.

Soal Pertemuan dengan Prabowo

JK mengatakan, beberapa hari ini menemui banyak tokoh. Tapi saat disinggung sempat bertemu paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto, JK enggan membeberkan hal tersebut.

"Hari ini saya bertemu banyak sekali tokoh-tokoh. dan sahabat sahabat. Itu saja yang bisa saya katakan. Banyak termasuk pada malam ini begitu banyak sekali kita ketemu tokoh-tokoh," kata JK.

"Berapa itu tadi di NU, ketemu sahabat. Optimistis soalnya bahwa harapan kita ke MK karena MK itu final," lanjut JK.

Sebelumnya, JK berniat akan bertemu beberapa tokoh. Salah satunya yaitu pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

"Tentu kita harapkan hal yang sama semuanya kalau, semua pemimpin bangsa termasuk Pak Prabowo, Pak Sandi untuk ikut serta untuk menenangkan masyarakat itu," kata JK.

JK menjelaskan solusinya adalah semua pihak berdialog dan menangkan seluruh masyarakat. "iya. itu prioritas, oleh karena itu saya mengharap juga akan bisa terjadi dialog dan pembiaran menenangkan," lanjut JK. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini