Wapres JK Sebut Teknologi Tidak Akan Berguna Tanpa Pemimpin yang Cerdas

Jumat, 12 Juli 2019 12:13 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Sebut Teknologi Tidak Akan Berguna Tanpa Pemimpin yang Cerdas Jusuf Kalla Ulang Tahun ke 77. ©2019 Tim Media Wapres

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pemimpin daerah yang tangkas akan membuat kotanya cerdas. Dia menjelaskan, teknologi saat ini dapat dibeli, tetapi jika Wali Kota atau Bupati tidak bisa menggunakan peralatan tersebut, maka kota tidak akan berkembang.

"Bukan kota cerdas, yang penting Wali Kota cerdas atau Bupati cerdas. Karena peralatan teknologi dapat dibeli, hanya Wali Kota atau Bupati cerdas yang dapat mempergunakan itu," katanya saat membuka acara Rating Kota Cerdas di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

JK mengungkapkan, permasalahan seperti banjir, macet dan sampah tidak akan selesai dengan menggunakan teknologi konvensional. Oleh karena itu pemimpin daerah harus sigap menyelesaikan.

"Semua itu tentu harus diselesaikan untuk mendapat peringkat yang lebih baik. Mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasannya harus lebih mudah. Dan sekarang teknologi makin mudah, makin murah, dan makin gampang dilaksanakan," ujarnya.

Politisi senior Golkar ini memuji Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang juga hadir dalam acara tersebut. Menurut JK, Risma adalah sosok yang kuat. Walaupun kurang sehat, dia tetap hadir.

"Kayak Wali Kota Surabaya disamping cerdas kan keras. Sakit-sakit pun datang. Semua itu menggambarkan tidak bisa diandalkan alat semata tapi dengan kemauan serta perencanaan yang baik," tegasnya.

Diketahui dalam acara tersebut hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafrudin dan para pemimpin daerah. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini