Wapres JK Sebut Mahasiswa Perbankan Harus Kuasai IT

Rabu, 27 Februari 2019 14:45 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Sebut Mahasiswa Perbankan Harus Kuasai IT Wapres Jusuf Kalla di Perbanas. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara seminar nasional Perbanas Institut (SNAP) 2019 dengan tema 'Rethinking Of Busines Model in The Innovation Era: A Consequen of Industri 4.0' di Institut Perbanas, Jakarta Selatan, Rabu (27/2). Dalam sambutannya JK menyarankan mahasiswa perbankan agar menguasai IT.

"Apabila kita bicara bank, baik pada pelaksana atau profesional atau mahasiswa di bidang perbankan, maka tanpa pengetahuan tentang IT maka bank itu akan ditinggalkan," kata JK di Institut Perbanas, Jakarta Selatan.

Dia menjelaskan dulu perbankan hanya menganut sistem kepercayaan, kini harus ditambah, dengan bisnis teknologi. Sebab kini sudah menuju revolusi 4.0.

"Jadi dunia perbankan, kalau dulu karena bukan lagi bisnis kepercayaan melulu, tapi orang berpikir kalau kita mau kirim uang, dulu hitungannya hari, kemudian jam, sekarang detik. Siapa semua biasa," kata JK.

JK mengatakan saat ini masyarakat lebih memilih kecepatan. Seperti BCA yang mengutamakan IT. Dengan teknologi, kata JK, akan mempengaruhi sistem di dunia.

"Karena itulah maka apabila kita berpikir kembali, rethinking dari bussiness model dalam era inovasi ini ialah sebenarnya terjadi," ungkap JK.

Menurutnya, tidak hanya di dunia perbankan, di dunia usaha juga jika tidak ada teknologi akan tersingkir.

"Siapa yang tidak punya teknologi dia akan tersingkir dari pasar dan tidak semua bisa, jadi akhirnya memang seperti di dunia ini maka terjadilah suatu sistem yang lebih monopolistik," kata JK.

"Tapi bisnis besar yang tidak mengubah diri dapat kembali ke desa. Artinya tidak berjalan dengan baik, itu terjadi intinya teknologi," lanjut JK. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini